TROUBLESHOOTING CLUTCH KERAS SAAT DI INJAK PADA MITSUBISHI COLT DIESEL

TROUBLESHOOTING CLUTCH KERAS SAAT DI INJAK PEDAL KOPLINGNYA


Sobat Blogger para pecinta otomotif gmn kabarnya hari ini masih semangat.Semoga selalu di beri kesehatan dan rizki yang melimpah.

Pada kali ini saya akan mengulas tentang clutch atau kopling pada kendaraan mobil.Sebagian kendaraan sudah menggunakan transmisi otomatis akan tetapi meskipun sudah di kuasai mobil dengan automatic transmision untuk kopling manual masih tetap menjadi pilihan terbaik untuk beberapa pecinta kendaraan.

Sebelum melangkah ke topik trouble shooting tentang masalah kopling maka anda harus tahu terlebih dahulu tentang apa itu kopling dan komponen apa saja yang berhubungan dengan kopling.

Kopling adalah komponen yang berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke transmisi dan differential sehingga transmisi dapat masuk gigi secara mudah dan halus.Komponen kopling terdiri dari kampas kopling atau clutch disc,matahari atau clutch cover,drek laker atau release bearing dan pilot bearing.Komponen tersebut merupakan satu set yang jika ada salah satu komponen yang rusak maka akan mengganggu kinerja dari kopling.

Kampas kopling sendiri mempunyai batas masa usia pemakaian kendaraan,karena sering di pakai maka lama-kelamaan kampas kopling semakin tipis sehingga akan mengganggu kinerja dari transmisi.Jika kampas kopling sudah mulai tipis dan aus hal yang sering kita rasakan adalah tenaga mesin berkurang.Terutama saat kecepatan tinggi akan terasa mesin tenaga kurang maksimal dan hanya suara mesin yang terdengar keras akan tetapi kendaraan atau mobil tidak mau lari.Sebagai seorang driver harus lebih tahu dan merasakan karena kendaraan setiap harinya di kendarai.

Penggunaan kendaraan pada medan yang berat dengan beban muatan yang tinggi juga akan mempengaruhi kinerja dan usia dari kampas kopling itu sendiri.Berbeda dengan kendaraan yang sering di buat jalan perkotaan dengan muatan beban yang ringan maka usia kopling akan lebih awet dan lama.

Buka hanya jalan dan beban muatan yang mempengaruhi usia dari kampas kopling itu jugadi sebabkan bisa dari cara pemakaian dan pengoperasian kendaraan dalam menggunakan koplingnya.Jika kita selalu menempelkan kaki kita pada pedal kopling maka tidak sengaja lama-lama kopling akan selip,mengapa?Karena kaki kita yang menempel sehingga pedal kopling sebagai pijakan dan tidak terasa akan mendorong pedal kopling ke bawah sehingga seperti setengah kopling.Maka dari itu biasakan jika mengendarai kendaraan kaki kita selalu di bawah jika kopling atau clutch tidak di operasikan.

Ciri-ciri dari kampas kopling atau clutch disc yang aus atau sudah tipis seperti yang sudah di jelaskan di atas bisa juga kita merasakan yaitu jika kita menekan pedal kopling maka kaki kita saat menginjak pedal koping akan terasa keras dan berat.Maka untuk itu segera lakukan pemeriksaan ke bengkel untuk memeriksa kopling.Dari pada nanti saat di jalan tiba-tiba kendaraan rusak sehingga akan mengganggu aktifitas kita saat perjalanan.

Jangan lupa di share jika artikel ini memberikan informasi yang baik dan dapat membantu menganalisa kendaraan anda sebelum ada kerusakan.

Komentar