TROUBLESHOOTING EXHAUST BRAKE MATI DARI 3 WAY VALVE RUSAK

3 WAY VALVE RUSAK MENYEBABKAN EXHAUST BRAKE TIDAK BEKERJA


Sobat blogger pecinta otomotif masih seputar tentang masalah trouble shooting pada kendaraan.Pada kali ini tentang trouble exhaust brake atau rem angin pada colt diesel.

Permasalah ini sering timbul pada kendaraan akan tetapi untuk penyebab kerusakan berbeda-beda.Sehingga cara penyelesaiannya pun juga akan berbeda pula.Jika masalah ini timbul exhaust brake tidak bisa bekerja akan tetapi control indikator di dasboard nyala maka penyebabnya adalah dari switch 3 way valve.

Maka kali ini saya akan mengulas tentang switch 3 way valve.Apa itu switch 3 way valve?
Switch ini merupakan jalur penghubung untuk saluran udara vacum dari pomp vacum menuju ke trotle valve di kanlpot untuk menggerakan valve di kanlpot.

Jika switch ini ON maka jalur udara vacum terbuka sehingga valve kupu-kupu akan tertarik sehingga exhaust brake akan bekerja dan menutup saluran knalpot.Apabila switch posisi OFF maka udara vacum akan terhalang dan di keluarkan ke udara luar sehingga valve kupu-kupu tidak ada tarikan dari kevacuman udara dari pompa vacum sehingga valve kupu-kupu tidak bekerja,knalpot juga tidak terhalang valve kupu-kupu tersebut.

Sekarang kita bagaimana cara pemeriksaan switch 3 way valve tersebut.
Dari gambar terlihat ada dua pin untuk socket yang masuk ke actuator 3 way valve tersebut.Dua pin tadi salah satunya adalah tegangan 24 volt dan ground.Jadi jika 3 way valve di aliri tegangan 24 volt dan di sambungkan dengan ground maka 3 way valve akan ON yaitu valve dalam posisi open atau terbuka.

Dari gambar juga terlihat ada tiga buah lubang untuk jalur udara vacum.Untuk yang bagian bawah ada lubang untuk menyalurkan udara vacum dari pumpa vacum ke membran di katup kupu-kupu di knalpot.Jika 3 way valve di aliri tegangan valve akan terbuka sehingga kedua lubang tadi harus berhubungan.Untuk memastikan valve terbuka maka lubang tersebut di tiup dengan udara bertekanan.Jika udara dapat mengalir berarti valve terbuka.

Apabila 3 way valve tidak di aliri tegangan maka valve akan tertutp dan untuk jalur udara yang berhubungan adalah lubang bagaian bawah yang dapat pompa vacum dengan lubang bagian atas.Lubang bagian atas adalah berfungsi untuk membuang udara vacum ke udara bebas sehingga saat 3 way valve OFF maka valve akan tertutup sehingga aliran udara vacum terhenti.Akan tetapi untuk udara vacum yang ada di sistem exhaust brake masih ada di dalam sehingga katup kupu-kupu masih dalam posisi tertutup dan menutup jalur gas buang di knalpot.Agar udara vacum dapat hilang dan katup kupu-kupu dapat kembali ke posisi semula maka dengan cara 3 way valve OFF jalur tersebut terbuka untuk udara bebas,sehingga kevacuman di dalam sistem exhaust brake dapat di hilangkan dengan cara kevacuman di buang ke udara bebas.

Demikian artikel ini saya buat agar bermanfaat untuk para mekanik ataupun teman-teman yang lagi belajar tentang otomotif.Jika memang bermanfaat jangan lupa di share agar orang lain juga mengetahui cara kerja dari switch 3 way valve.

Komentar