TROUBLESHOOTING HORN ATAU KLAKSON TIDAK BERBUNYI PADA MOBIL

TROUBLESHOOTING HORN ATAU KLAKSON TIDAK BERBUNYI PADA KENDARAAN


Setiap kendaraan pasti di lengkapi dengan klakson.Klakson pada kendaraan berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengemudi lain atau sesuatu yang di kira membayakan sehingga klakson ini di bunyikan.

Sering kita jumpai klakson dari standart pabrik di ganti atau di modifikasi oleh pemilik kendaraan sehingga di buat dengan berbagai macam suara.Dari yang klakson manual electrical di rubah menjadi klakson angin sehingga suara yang di timbulkan sangat keras.

Tahukah anda beberapa penyebab klakson kadang-kadang mati pada kendaraan mitsubishi L 300  di sebabkan oleh tombol klason itu sendiri.banyak kemungkinan penyebab klakson tidak berbunyi yaitu dari klakson mati,fuse putus,relay tidak bekerja atau ground pada steering putus.

Kali ini saya akan share pengalaman yang sering terjadi klason kadang-kadang berbunyi dan kadang juga tidak.Pada mitsubishi L 300 sering terjadi seperti itu mengapa karena di tombol klakson yang menempel di steering bagian dalam rumah switch klakson pecah.Lihat gambar di atas seperti dudukan switch klakson tidak menempel sempurna saat tombol di tekan.Ini merupakan kasus yang sering terjadi sehingga untuk memperbaikinya cukup mudah.Lepas dudukan switch klakson dari steering dan pecahan tadi kita tempelkan kembali menggunakan lem alteko,namun saat memasang dan mengelem harus benar dalam posisi lurus.Sehingga saat tombol di tekan swutch akan terhubung sehingga klakson akan berbunyi.

Komponen ini sering sekali rusak di mungkinkan karena bahan yang kurang baik atu juga tekanan saat kita menghidupkan klakson yang terlalu keras sehingga akan cepat merusak dudukan switch klakson tersebut.

Apabila kerusakan cukup parah dan saat di perbaiki kemungkinan klakson berbunyi kecil maka alangkah baiknya ganti cover steering pada dudukan switch tersebut maka trouble akan teratasi.Simple dan mudah bukan selamat mencoba

Komentar