TROUBLESHOOTING MITSUBISHI COLT DIESEL CANTER REM DALAM DAN KERAS

PENYEBAB REM KERAS DAN DALAM PADA MISTUBISHI COLT DIESEL


Bagaimana kabarnya sobat hari ini,dalam keadaan baik bukan?
Dalam artikel kali ini saya akan sedikit memberikan beberapa analisa pemeriksaan rem pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter.

Pada suatu hari datang pemelik kendaraan mengeluhkan remnya terasa keras dan dalam padahal rem sudah di servicekan ke bengkel lain.Dari cerita pemilik kendaraan untuk rem depan belakang sudah di lakukan pembongkaran over houle dan penggantian kampas rem.Entah kenapa beberapa hari setelah seminggu rem terasa keras dan dalam kembali padahal kampas rem baru.

Dari cerita pemilik kendaraan ini kita dapat menganalisa penyebab-penyebabnya,antara lain master rem,kampas rem yang tidak orisinal sehingga kualitas bahan berbeda dengan yang genuine.Untuk kampas rem non genuine kadang ada yang berbahan keras sehingga terasa kalau di rem maka rem nya akan keras.

Maka dari itu lakukan pemeriksaan master remnya terlebih dahulu,karena keempat rem sudah di lakukan pembongkaran.Dari sini setelah master rem di over houle banyak sekali kotoran seperti lumpur berada di master rem sehingga perlu di lakukan pembersihan.Setelah di bersihkan alangkah baiknya minyak rem kita kuras sekalian agar benar-benar bersih.Banyak lumpur disini kemungkinan pemilik kendaraan hampir tidak pernah menguras minyak rem.Setelah di belding dan kendaraan di lakukan test drive ternyata hasilnya sama yaitu rem masih dalam dan keras.

Lakukan penyetelan ulang rem pada kempat roda dan disini muncul suatu keraguan pada saat menyetel rem pada roda bagian depan kiri.Untuk ketiga roda di lakukan penyetelan dapat normal aakan tetapi pada bagian depan kiri di lakukan penyetelan rem hasilnya terasa ada yang ganjil.Maka untuk itu di lakukan pembongkaran terhadap roda depan sebelah kiri.

Dari hasil pembongkaran ternyata setelah roda di lepas alhasil kampas rem lepas dari rumahnya seperti yang terlihat pada gambar di atas.Untuk kampas rem tipe ini tidak menggunakan kelingan sehingga hanya melekatkan dengan lem.Karena kualitas kampas rem yang kurang bagus sehingga kami ganti sesuai dengan spare part genuine.Dari pada sebelah kanan nantinya juga seperti ini maka sebaiknya juga ikut di ganti agar hasil maksimal.

Kedua roda dan kampas rem sudah di pasang kemudian di lakukan penyetelan kampas rem dan hasilnya baik.Di lakukan test jalan hasilnya juga rem terasa tidak keras dan rem juga tidak dalam lagi sudah normal.

Dari analisa ini dapat di simpulkan bahwa jika kendaraan kampas rem lepas yang tidak menggunakan paku keling maka lepasan tadi akan mengganjal tromol sehingga rem seperti sudah mengerem meskipun pedal rem belum di injak.

Semoga bermanfaat artikel saya ini dan jika masih ada yang kurang mengerti dapat memberikan komentar di bawah dan jangan lupa untuk share jika artikel ini sangat membantu.Semoga anda sukses.

Komentar