TROUBLESHOOTING MITSUBISHI PAJERO SPORT SAAT JALAN TIBA-TIBA MESIN MATI SENDIRI

TROUBLESHOOTING MITSUBISHI PAJERO SPORT SAAT JALAN TIBA-TIBA MESIN MATI SENDIRI


Mitsubishi pajero sport kendaraan bermesin diesel 2500cc dengan berbahan bakar solar sangat tangguh dan bertenaga.Merupakan kendaraan pengeluaran mitsubishi motors yang sangat booming waktu pertama kali di louncing.

Dengan semakin bertambah usia kendaraan pada kendaraan ini juga termasuk pada kendaraan lainya yang menggunakan teknologi mesin diesel common rail system maka umur komponen juga akan semakin lama akan menurun fungsinya.Dengan di lengkapi beberapa sensor sebagai inpt masukan ke ecu maka kinerja sensor yang berada di luar yang langsung berhubungan dengan air ,debu,dan berbagai macam kotoran maka lama-lama sensor tersebut akan rusak.

Trouble shooting kali ini saya akan membahas tentang kendaraan pajero sport yang mengalami masalah kendaraan saat jalan beberapa kilometer mesin tiba-tiba tidak ada tenaga dan mati.Akan tetapi setelah beberapa menit di diamkan kendaraan di coba hidupkan kembali maka mesin pun hidup dan normal sesuai semula.Itu merupakan cerita dari pemilik kendaraan waktu kendaraan di bawa ke luar kota dengan perjalanan agak jauh.

Setelah kami lakukan pemeriksaan dengan scan diagnosis tidak ada muncul trouble di data diagnosisnya sehingga kami agak kesulitan dalam menentukan dari mana komponen atau sensor yang bermasalah.

Setelah melihat dari data list nilai dari masing-masing sensor dan komponen lainnya tidak di temukan nilai yang di luar standartnya.Setelah di test drive dengan jarak yang tidak begitu jauh trouble tersebut yaitu mesin mati sendiri tidak muncul sehingga kendaraan di bawa pulang oleh customer.

Selang beberapa hari pemilik kendaraan menelepon bahwa kendaraan masih seperti semula yaitu di buat perjalanan jauh mesin masih mati sendiri.Lalu di bawa kembali ke bengkel dan di lakukan pemeriksaan ulang.Hasilnya juga masih sama tidak ada trouble yang terjadi di kendaraan tersebut.

Untuk memastikan trouble terjadi maka si pemilik kendaraan dan kami ikut test drive sampai perjalanan jauh dan di dapatkan trouble itu muncul.Memang benar trouble itu terjadi,dengan melihat nilai dari data list di sensor maka masalah kemungkinan trouble terjadi dari komponen tersebut.Memang belum menyakini benar dari sensor tersebut akan tetapi dengan melihat nilai sensor tersebut tidak sesuai dengan standarnya saat terjadi trouble mesin mati sendiri.

Sensor tersebut adalah crank angle sensor,dimana letak dari sensor tersebut ada di bawah berdekatan dengan pulley crank shaft.Kemungkinan sensor ini error saat temperatur mesin panas karena dengan kendaraan perjalanan jauh trouble baru muncul.Untuk itu inisiatif dengan berbagai pertimbangan maka sensor tersebut kami ganti.

Di lakukan test jalan seperti perjalanan semula dan di dapatkan kendaraan dalam keadaan normal tidak terjadi trouble mesin mati.Untuk memastikannya maka test jalan di lakukan lebih jauh sehingga trouble benar-benar sudah hilang dan kendaraan sudah sembuh dari penyakitnya.

Pengalaman dalam memperbaiki trouble shooting semoga dapat menjadi acuan seperti trouble yang sama pada kendaraan lain.

Komentar