TROUBLESHOOTING POWER LOSS ATAU TENAGA MESIN HILANG PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS

Jumpa lagi dengan saya yang akan lagi mengulas tentang trouble shooting pada kendaraan.Kali ini masih seputar kendaraan mitsubishi yaitu mitsubishi colt t 120 ss.Kendaraan injeksi memang jika trouble sangat susah penyelesaiannya.Dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan cara kerja dari masing-masing komponen injeksi.

Disini saya akan mengulas tentang trouble pada kendaraan colt t120 ss yang mengalami tenaga hilang saat di akselerasi.Gejala ini timbul hanya saat di akselerasi atau waktu di gas.Untuk posisi stasioner atau putaran idle mesin dapat hidup dan berputar normal.


Jika kendaraan di gas maka mesin tiba-tiba mati sendiri,itu yang terjadi pada kendaraan colt t 120 ss yang mengalami trouble.Waktu di lakukan pemeriksaan kemungkinan yang berhubungan dengan akselerasi adalah trotle position sensor.Maka di lakukan pemeriksaan trotle position sensor dengan cara menggunakan multi meter.Terdapat empat pin yang di mana tiga pin dapat di ukur menggunakan ohm meter.Untuk output tahanan yang keluar dari trotle position sensor adalah variable sesuai dengan gerakan pembukaan trotle valve.Jika masih bingung cara pemeriksaannya adalah  dengan cara meminjamkan sensor tersebut pada kendaraan lain.

Setelah di pinjamkan sensor kendaraan lain trouble masih muncul sehingga kemungkinan sensor tidak rusak masih dalam keadaan baik.Setelah itu lakukan pemeriksaan kabel yang masuk ke dalam trotle postion sensor.Untuk tegangan standby setelah kunci kontak on adlah 12 volt.Periksa tegangan output dari sensor tersebut yang masuk ke engine control unit.Jika nilainya berubah sesuai dengan pembukaan trotle maka jalur wiring dalam keadaan baik,sebaliknyaa jika nilai tegangan tidak berubah maka kemungkinan ada kabel yang open circuit.

Dan memang dari analisa untuk output tegangan dari trotle position sensor yang masuk ke engine control unit mengalami short circuit atau kabelnya putus.Sehingga tidak ada masukan dari sensor ke ecu saat pedal gas di buka lebih lebar.Seharusnya jika pedal gas di buka lebih lebar maka trotle postion sensor juga memberi masukan ke ecu bahwa saat ini kecepatan engine meningkat dan di butuhkan tambahan atau lebih banyak bahan bakar sehingga ecu akan memerintahkan  ke injector agar membuka lebih lama sehingga bahan bakar bertambah.

Apabila tidak ada masukan dari sensor ke ecu untuk menambah bahan bakar maka mesin akan mati karena kekuranga jumlah bahan bakar.

Dengan memperbaiki jalur kabel tersebut kemudian di lakukan test pedal gas di tekan maka kecepatan mesin meningkat dan mesin tidak mati lagi.Sangat mudah sekali dalam penyelesaiannya hanya perlu menyambung kabel,tetapi dalam menemukan trouble di perlukan waktu dan tenaga sesuai urutan pemeriksaan.

Untuk menemukan trouble electrical khususnya pada mesin injeksi di perlukan alat scan injeksi  agar lebih mudah dalam penyelesaianya.

Jika masih ada yang belum mengerti bisa bertanya di kolom komentar,saya siap membantu anda dalam menangani masalah yang sering terjadi di dunia perbengkelan

Komentar

Posting Komentar