TROUBLESHOOTING SUARA ABNORMAL WAKTU MOTOR STARTER DI OPERASIKAN

SUARA ABNORMAL WAKTU START


Sering terjadi trouble seperti ini pada kendaraan yaitu pelanggan mengeluhkan kendaraan waktu start terjadi suara abnormal yaitu timbul suara kasar dan mesin tidak dapat berputar sehingga mesin tidak dapat hidup.

Untuk trouble seperti ini masalah yang timbul pasti bukan dari aki atau batterynya.Akan tetapi dari komponen motor starter itu sendiri.Setelah kita bongkat motor starter terdapat pada gigi pinion mengalami keausan yang tidak rata sehingga waktu gigi pinion masuk ke ring gear untuk memutarkan mesin tidak pas pada posisinya sehingga timbul bunyi.

Jika memang gigi pinion sudah aus dan rusak maka coba juga periksa gigi ring gear di fly wheel atau gigi roda gila.Kemungkinan juga gigi ring gear aus dan sebagian ada yang rusak karena efek dari putaran gigi pinion yang rusak tadi.

Maka sebaiknya jika melakukan penggantian gigi pinion untuk gigi ring gear juga perlu diganti.Untuk melihat apakah gigi ring gear sudah rusak maka kita harus melihat secara keseluruhan dengan menurunkan transmisi dan sekalian membongkat koplingnya.

Untuk melepas ring gear kita harus ke tukang las yaitu dengan cara di panasi baru ring gear tersebut dapat lepas.Karena untuk ringgear merupakan tipe press yang menjadi satu dengan fly wheel tadi.Begitu juga sebaliknya jika akan memasang ring gear baru juga perlu di lakukan pemanasan dengan menggunakan las agar hasilnya ring gear dapat menempel sempurna terhadap fly wheel.

Untuk gigi pinion sendiri cara pelepasan dan pemasangannya cukup mudah dan jangan lupa periksajuga brush atau arang dari motor starter itu sendiri apakah sudah aus atau masih panjang.Lumasi semua komponen motor starter yang berputar dengan menggunakan grease waktu merakitnya kembali.

Komentar