WHEN TO REPLACE TIMING BELT IN CAR

Sobat blogger gimana kabarnya hari ini sangat baik bukan.
Semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu di lindungi oleh tuhan yang maha esa,Amin.

Kali ini saya akan memberikan tips perawatan kendaraan agar tetap dalam kondisi prima.Perawatan tersebut adalah penggantian komponen mesin yang sangat penting di kendaraan.Timing belt ya benar ,merupakan komponen pada kendaraan yang harus di lakukan penggantian secara berkala agar suara mesin tetap halus dan kondisi mesin bebas dari kerusakan.


Sekarang ini saya akan membahas kendaraan yang menggunakan penggerak katupnya menggunakan timing belt.Keunggulan timing belt sangat baik karena komponen lebih sedikit dengan suara mesin yang halus di bandingkan tipe timing chain yang menggunakan rantai atau timing gear yang menggunakan penggerak gear.

Ada juga kelemahan tipe timing belt ini selain memerlukan perawatan yang berkala juga jika sampai lupa di ganti maka timing belt rentan putus.Dikarenakan timing belt juga ada umur dan waktu pemakaian sehingga diperlukan penggantian secara berkala.

Pada beberapa kendaraan mitsubishi jika timing belt sampai putus maka akan merusak mekanisme katup sehingga katup akan bengkok dan perlu di lakukan pembongkaran cylinder head.Akan tetapi ada beberapa tipe kendaraan yang apabila timing beltnya putus tidak berpengaruh terhadap mekanisme katupnya sehingga mesin akan tetap aman tidak ada kerusakan.

Kapan kira-kira kendaraan perlu di lakukan penggantian timing belt?ini yang kadang para pemilik kendaraan tidak mengetahuinya kapan waktu dan pada kilometer berapa harus di lakukan penggantian timing belt.Hampir semua kendaraan baru diberikan buku service pedoman perawatan kendaraan.Bahwa sesungguhnya semua perawatan dan perbaikan kendaraan ada semua di dalam buku tersebut,namun para pemilik kendaraan jarang sekali membaca buku service tersebut.

Dari pada anda baca buku service yang tebal dan panjang maka kali ini saya akan memberikan kapan dan waktu dilakukan penggantian timing belt pada kendaraan anda.Timing belt di lakukan penggantian setiap 100.000 km.

Beberapa kendaraan niaga dengan pemakaian dengan beban berat dan kondisi jalan yang sering tanjakan alangkah baiknya timing belt di lakukan penggantian setiap 80.000 km.Untuk semua jenis kendaraan timing belt sebaiknya di lakukan pemeriksaan dan penyetelan timing belt pada 50.000 km.

Periksa kembali odometer kendaraan anda apakah sudah melampui batas penggantian atau belum dan pastikan timing belt anda di ganti dengan genuine spare part agar kualitas barang benar-benar tahan lama dan awet sesuai standart penggantian pada kilometer selanjutnya yang akan datang.

Semoga bermanfaat artikel ini dan jika memang bisa sebagai referensi bagi para pemilik kendaraan maka silahkan di share,semoga membantu terima kasih.

Komentar