BELAJAR PRINSIP DASAR SYSTEM INJEKSI PADA MOBIL

SYSTEM INJEKSI PADA KENDARAAN MOBIL SAAT INI


INJEKSI - Pada kendaraan mesin bensin era sekarang ini sudah banyak menggunakan system injeksi yang dikontrol oleh engine control unit atau istilahnya ECU.Kendaraan dengan mesin karburator sudah mulai banyak yang ditinggalkan untuk itu para mekanik senior yang belum mengetahi tentang system injeksi harus mulai mengikuti agar tidak ketinggalan informasi tentang otomotif.

Langsung saja kita ke prinsip dasar dari system injeksi pada mobil.Pada model lama menggunakan karburator sebagai campuran udara dan bahan bakar terjadi setelah atau secara alamiah yaitu kevakuman saat langkah hisap atau langkah intake.Hal itu merupakan sangat berbeda dengan system injeksi.Setelah ada karburator muncul istilah SPI,MPI dan GDI,apa saja istilah tersebut?

SPI atau Single Point Injection merupakan system injeksi yang hanya ada satu injektor untuk melayani semua silinder yang dikontrol secara electronic.

MPI atau multi ponit injection adalah system injeksi yang setiap silinder dilengkapi dengan satu buah injektor.Semuanya juga dikontrol secara electronic dan injektor ini dipasangkan di intake manifold.

GDI atau Gasoline Direct Injection adalah system injeksi yang pada kondisi normal bahan bakar disemprotkan pada langkah kompresi akan tetapi saat akselerasi bahan bakar disemprotkan pada langkah intake kemudian disemprotkan lagi pada langkah kompresi kemudian dikenal dengan nama Two Stage Injection.

Semua ini adalah tipe injection pada kendaraan mitsubishi,untuk kendaraan lain dengan system injeksi kemungkinan hampir sama cara kerjanya.Yang dipakai pada kendaraan mitsubishi gasoline adalah tipe multi point injection karena sangat populer dan juga lebih maksimal power yang dihasilkan.Dengan kontruksi yang tidak begitu rumit dibandingkan dengan tipe gasoline direct injection.

Untuk tipe yang dipakai banayak kendaraan tadi adalah tipe MPI menggunakan dua buah penyemprotan pada injeksi dasarnya yaitu penyemprotan secara Sequential dan Simultaneous.Apa yang dimaksud dengan istila tersebut?

Sequential adalah jenis penyemprotan bahan bakar pada kendaraan injeksi yang terjadi pada kondisi normal yaitu saat kendaraan idling atau stasioner.Penyemprotan ini terjadi saat langkah intake yang disemprotkan di intake manifold sesuai dengan firing order kendaraan mobil.

Silmultaneous adalah penyemprotan bahan bakar pad system injeksi di mobil terjadi secara serentak yaitu semua injector bersama-sama menyemprotkan bahan bakar dalam waktu yang sama.Ini terjadi saat kondisi mesin pertama kali start dan saat akselerasai.Pada saat akselerasi dinjeksikan secara simultaneous baru kemudian secara sequential.

Pada waktu start kenapa di injeksikan secara serentak atau bersama-sama karena nilai dari sensor TDC ( Top Dead Center ) belum terdeteksi.Dan pada saat akselerasi juga diperlukan injeksi serentak karena untuk menambah tenaga engine.

Artikel kali ini saya buat agar para pecinta otomotif tahu dan mengerti asal mula dan prinsip dasar dari system injeksi bahan bakar gasoline,semoga bermanfaat.

Komentar