CARA PENYETELAN DAN PEMERIKSAAN VALVE CLEARANCE MITSUBISHI DELICA

INSPECTION AND ADJUSTMENT INTAKE VALVE CLEARANCE


DELICA - Kendaraan yang di keluarkan oleh mitsubishi motors ini pada mesinnya memiliki perbedaan dari kendaraan yang lainnya.Terutama pada penyetelan valve clearance atau setelan katupnya.

Pada kendaraan mitsubishi delica menggunakan teknologi MIVEC nya yang benar-benar dari mitsubishi.Kepanjangan MIVEC adalah Mitsubishi Variable Valve Timing and Lift Electronic Control.Menggunakan control timing yang di pakai pada mitsubishi grandis dengan mitsubishi outlander menjadi satu kesatuan yang sempurna.

Sekarang saya akan memberikan bagaimana cara pemeriksaan dan penyetelan valve pada mitsubishi delica.Karena pada katupnya berbeda dengan kebanyakan kendaraan yang lain.Jika kendaraan lain saat menyetel valve hanya menggunakan obeng dan feeler berbeda dengan cara penyetelan pada kendaraan ini.Untuk thicknes gauge tidak lagi dipasangkan di atas katup melainkan seperti pada gambar di atas.

Berikut cara pemeriksaan dan penyetelan valve clearance pada mistubishi Delica :
1.Putar crnakshaft searah jarum jam dan posisikan piston pada TOP 1
2.Kita menggunakan dial gauge untuk memeriksa dan menyetel valve clearance.Kemudian luruskan ujung dial dengan intake valve.
3.Putar coupling seperti pada gambar secara perlahan.Ketika memutar worm shaft agar lebih berhati hati agar terhindar dari kerusakan


4.Set dial gauge keposisi 0 atau istilahnya dikalibarasi agar hasilnya terbaca dengan baik.
5.Set Worm wheel pada posisi tengah dengan cara memutar coupling tersebut.
6.Masukan feeler gauge 0,15 mm antara swing cam dan intake rocker arm roller
7.Putar worm wheel ke kanan sehingga akan menuju ke posisi minimum lift.Jika ini terjadi maka feeler gauge akan semakin masuk ke dalam
8.Jika saat memutar worm wheel terasa berat dan jarum pada dial tidak lagi bergerak maka kita periksa dial gauge terbaca 0,11 mm.

Jika nilai valve clearance tidak sesuai dengan standar maka stel valve clearance pada screw di rocker armnya sehingga didapat nilai dial gauge sesuai satndarnya yaitu STD 0,08 mm s/d 0,14 mm.Hasil yang terlalu longgar akan membuat suara mesin menjadi kasar dan tenaga mesin tidak maksimal.

Cara seperti diatas digunakan untuk menyetel valve clearance pada posisi TOP 4 sehingga akan membutuhkan waktu lama namun setelah klep yang dihasilkan akan baik dan sesuai standarnya.Memang butuh kesabaran dan ketelitian dalam melakukan suatu pekerjaan service agar hasil yang didapatkan maksimal.Dari pada terburu-buru namun hasilnya akan mengecewakan pelanggan.

Komentar