Dari Sini Ternyata Penyebab Power Steering Tiba-Tiba Menjadi Berat

PENYEBAB POWER STEERING MENJADI BERAT


Power steering dipasang pada kendaraan bertujuan untuk saat mengemudi steering menjadi lebih ringan dan stabil.Terutama saat kendaraan bermuatan maka dibutuhkan tenaga untuk memutarkan steering.Maka untuk hal itu di pasangkan power steering pada kendaraan.

Karena sering kita mengendarai kendaraan sampai lupa akan memeriksa minyak power steering.Minyak power steering juga perlu dilakukan penggantian secara berkala agar seal dan selang tetap dalam kondisi baik.

Karena umur dan pemakaian untuk seal dan selang lama-kelamaan juga akan mengalami kerusakan sehingga power steering akan terganggu kerjanya.Kali ini saya akan memberikan penyelesaian untuk memperbaiki power steering yang berat.

Power steering seharusnya dapat berfungsi dengan baik dengan saat kita memutar steering maka akan sangat ringan sekali.Namun karena ada beberapa kerusakan atau kebocoran oli power steering maka steering akan terasa lebih berat.Jika oli sampai habis karena lupa memeriksa jumlah oli power steering maka steering akan benar-benar terasa sangat berat.

Kebocoran oli power steering bisa dari beberapa tempat,akan tetapi untuk kali ini saya menemukan masalah terjadi pada selang power steeringnya.Bukan selangnya yang pecah atau sobek aka tetapi kebocoran terjadi pada sambunga press selang dengan besinya.Dibutuhkan ketelitian dan analisa yang cermat untuk menentukan tempat kebocoran oli power steering.

Sebaiknya ganti selang power steering secara assy agar hasil maksimal.Akan tetapi setiap toko belum tentu punya selang yang bocor tersebut,maka cara agar selang tersebut masih dapat digunakan yaitu dengan cara diganti selang baru kemudian di press ulang.Banyak tempat untuk press selang hidrolik di beberapa tempat.

Cara ini saya gunakan karena posisi urgent dan tidak ada spare part pengganti.Hasil press selang power steering juga bagus dan setelah spare part dipasang kemudian kendaraan di test jalan tidak ada lagi rembesan oli power steering.

Demikian info dan tips cara perbaikan power steering yang berat karena ada kebocoran oli power steering dari selang pada bagian press dengan besinya.

Komentar