DIAGRAM KELISTRIKAN POWER SUPPLY MITSUBISHI GALANT V6 - GALANT LELE 6A12

DIAGRAM KELISTRIKAN MITSUBISHI GALANT V6 / GALANT LELE 6A12


GALANT LELE - Merupakan kendaraan sedan mitsubishi juga bisa disebut dengan mitsubishi galant v6.Dikarenakan mesin dengan 6 silinder berbentu V merupakan kendaraan dengan power tinggi dan kecepatan juga sangat menyakinkan.

Sering kita mengalami suatu trouble shooting tentang kendaraan yang mogok tidak mau hidup pada kendaraan mitsubishi galant v6 ini.Maka dari itu saya akan memberikan diagram power supply yang bisa membantu anda sebagai mekanik dalam mengatasi suatu trouble kendaraan pelanggan.

Diagram power supply ini merupakan jalur tegangan utama dari batterai menuju engine control unit,namun sebelumnya dikontrol oleh engine power relay.Jika engine power relay rusak maka akan berakibat tidak ada tegangan yang masuk ke ECU sehingga mesin akan mogok.Di dalam engine control relay terdapat dua buah relay utama yaitu relay untuk sistem bahan bakar yaitu sistem untuk mengaktifkan fuel pump dan relay yang satunya adalah relay check engine bahwa untuk memeriksa kesiapan sensor dan actuator sebelum mesin akan dihidupkan.

Terdapat delapan buah kabel yang ada pada socket dengan warna kabel yang berbeda-beda.Tiga buah kabel dari power supply batterai dan kunci kontak sebagian 5 kabel yang masuk ke engine control unit.Untuk mengaktifkan engine power relay semua ground dikontrol oleh ecu sehingga jika ecu rusak tidak dapat menggroundkan maka power relay juga tidak dapat On sehingga mesin juga tidak bisa hidup atau mogok.

Sebelum masuk ke engine control relay sebaiknya periksa terlebih dahulu fuse yang ada dan yang berhubungan dengan sistem engine power relay.Seperti terlihat wiring diagram di atas ada sebuah fuse yang berhungungan dengan power relay.Jika fuse putus maka kerja dari engine power relay juga tidak akan sempurna sehingga bisa menyebabkan mesin mogok.

Setelah mengetahui wiring diagram dan cara kerja dari relay maka kita bisa lakukan pemeriksaan pada engine power relay itu sendiri dengan cara dalam keadaan masih terpasang di mobil atau kita lepas.Alat yang digunakan sangat sederhana yaitu berupa tespen yang berfungsi untuk memeriksa tegangan pada diagram.

Semoga dapat membantu wiring diagram untuk kendaraan mitsubishi galant V6 atau galant lele jika kendaraan mengalami trouble.Jangan lupa di share jika bermanfaat untuk semua.

Komentar

  1. Tolong dong jelasin kinerja enggine stabil program da berapa vol yang masuk dan keluarnya?

    BalasHapus

Posting Komentar