KERAK DALAM RADIATOR MENUMPUK PENYEBAB TEMPERATUR MESIN PANAS

KERAK DALAM RADIATOR MENUMPUK MEMBUAT TEMPERATUR MESIN PANAS


RADIATOR - Komponen dalam sistem pendingin yang menampung air bersirkulasi dari da ke dalam mesin.Pada radiotor terdapat dua buah tampungan yaitu pada bagian atas untuk tampungan air panas yang keluar dari mesin dan tampungan bawah.

Air panas yang mengalir ke bawah dari tampungan atas, sudah menjadi dingin karena didinginkan oleh kipas radiator.Perlu sekali menjaga kebersihan air radiator didalam mesin.Jika sampai berkerak akan membuat radiator menjadi buntu atau mampat.Jika sudah mampat akan berakibat temperatur mesin menjadi panas dan bisa menyebabkan radiator jebol atau pecah.

Sebaiknya air radiator di ganti secara berkala setiap 40.000 km dan lebih baik menggunakan air khusus yaitu radiator coolant agar hasilnya lebih maksimal.Kadang pemilik kendaraan tidak mengetahui bahwa sebenarnya tidak hanya oli mesin saja yang harus diganti secara berkala namun air radiator juga diperlukan.

Kadang terlihat pada tampungan reservoir warna air radiator sampi coklat gelap karena air radiator sudah terkontaminasi dengan debu dan kotoran sehingga akan berakibat menjadi kerak di dalam radiator yang menyebabkan radiator buntu.Seperti terlihat pada gambar di atas adalah kerak putih yang keluar dari selang dan radiator.Jika tidak segera di bersihkan dengan cara di korok ke tukang atau ahli radiator maka tentu hasilnya tidak akan sempurna.

Lihat kilometer kendaraan anda dan sudah berapa kali anda mengganti air radiator mesin.Apabila dari kendaran baru sampai sekarang belum sama sekali pernah ganti air radiator maka segera ganti air radiator kendaraan anda agar mesin tetap dingin dan menghindari kerusakan pada mesin yang lebih banyak.

Pada kasus ini saya temui pada kendaraan pajero sport dengan kendaraan sudah berjalan sekitar 150.000 km.Sangat lama sekali hampir tidak pernah dilakukan pemeriksaan air radiator,pemilik hanya menambah dan menambah air radiator jika berkurang.Pelanggan mengeluhkan jika dibuat perjalanan jauh maka temperatur mesin akan naik.Maka dengan penjelasan dan informasi dari customer saya lakukan pemeriksaan pada  sistem pendinginnya apakah terjadi kebocoran air radiator atau tidak karena customer mengeluhkan air rdiator selalu berkurang.

Perbaikan pada radiator yaitu dikorok ke ahli radiator kemudian satu lagi jangan lupa kipas fluida juga perlu perhatian yaitu dengan cara ditambahkan silicon agar kipas kopling dapat berfungsi dengan baik.

Setelah dilakukan perbaikan seperti dijelaskan di atas maka trouble temperatur mesin panas sudah normal kembali meskipun dibuat perjalanan jauh sekalipun.Dari informasi ini dapat disimpulkan bahwa sistem pendingin pada mesin sangat penting maka dari itu selalu jaga dan kuras air radiator secara berkala agar mesin tetap awet.

Komentar