PENYEBAB JUMLAH OLI BERKURANG PADA MITSUBISHI COLT DIESEL

JUMLAH OLI BERKURANG PADA MITSUBISHI COLT DIESEL



COLT DIESEL - Sobat blogger pecinta truck apakah anda salah satu pengguna kendaraan paling laris no 1 di indonesia yaitu mitsubishi colt diesel.Jika anda salah satu pemilik dan pengguna kendaraa ini maka sering kali menemukan jumlah oli berkurang setelah kendaraan berjalan beberapa kilometer.

Memang untuk kendaraan yang menggunakan turbo intercooler sering kali menemukan jumlah oli mesin yang selalu berkurang saat akan melakukan penggantian oli mesin.Jumlah oli yang berkurang disini sangat wajar karena memang turbo memerlukan pelumasan untuk sistem turbinnya.Sehingga saat melewati turbo sedikit demi sedikit oli tersebut panas dan menguap sehingga akan mempengaruhi jumlah oli yaitu jumlah oli berkurang.

Oli yang berkurang sangat wajar jika kurangnya tidak terlalu banyak dari jumlah oli pada engine.Jika oli berkurang lebih dari 3 liter saat akan melakukan penggantian oli maka kemungkinan ada salah satu kebocoran oli mesin atau oli mesin yang ikut terbakar di dalam ruang bakar.

Pada trouble kali ini adalah jumlah oli mesin pada mitsubishi colt diesel canter berkurang karena pada engine mengalami kebocoran oli mesin.Pada bagian filter oli sering terlihat ada rembesan oli mesin sehingga oli berkurang dari bagian tersebut.

Anda jangan terburu untuk mengganti filter oli karena oli rembes dari komponen tersebut.Namun sebenarnya rembesan oli mesin tersebut bukan dari filter oli akan tetapi rembesan oli dari switch filter oli.Caranya bagaimana maka sebelum menganalisa trouble shooting  dan memastikanya bersihkan dulu lokasi kebocoran oli mesin sampai bersih,kemudian kita test jalan kendaraan maka akan terdeteksi dari mana kebocoran oli mesin tersebut.

Untuk memperbaikinya cukup dengan membuka switch oli dan ujungnya kita memberikan seal tape dan lem threebond kemudian kita pasangkan kembali sesuai dengan kekencanganya.Dibersihkan lagi lokasi rembesan oli kemudian dibuat test jalan.Hasilnya tidak ada rembesan oli lagi di engine sehingga proses dan penanganan perbaikan oli bocor sudah selesai.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa di share jika memang dapat membantu para pemilik kendaraan mitsubishi colt diesel agar terhindar dari kerusakan mesin karena kehabisan oli mesin.

Komentar