SALAH SATU PENYEBAB TEMPERATUR MESIN PANAS PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT

PENYEBAB TEMPERATUR PANAS PADA PAJERO SPORT



PAJERO SPORT - Kendaraan keluaran mitsubishi pertama kali langsung memikat hati para pecinta mitsubishi.Setelah hampir tujuh tahun lebih mitsubishi pajero sport sudah terjuala maka seiring waktu perlu di lakukan pemeriksaan terhadap cooling systemnya.

Artikel ini saya buata karena saat ada kendaraan datang ke bengkel melakukan service dengan keluhan dari customer bahwa temperatur mesin panas dan air radiator sering berkurang.Jika kendaraan di buat perjalanan jauh maka temperatur mesin akan naik lebih dari garis setengah di bawah garis merah.

Hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan karena kemungkinan ada yang tidak beres di system pendinginnya.Maka apabila dibiarkan akan berakibat engine over heat dan menyebabkan cylinder melengkung dan harus di lakukan pembongkaran pada cylinder headnya untuk di lakukan selep agar permukaan rata kembali.

Pemilik kendaraan harus tahu dan mengerti jika ada hal-hal yang tidak wajar di kendaraan anda sehingga penyebab permasalahan  dapat lebih dini di ketahui dan bisa segera di perbaiki.Pada kali ini setelah kendaraan di parkir dan dilakukan pemeriksaan ternyata ada kebocoran air radiator di sekitar selang yang masuk ke mesin.Kebocoran memang tidak terlihat langsung ada rembesan air akan tetapi akan terlihat kerak-kerak putih di sekitar selang.Ini merupakan rembesan air radiator yang rembes sedikit demi sedikit saat mesin di hidupkan dan saat kendaraan berjalan kecepatan tinggi.

Karena saat kecepatan tinggi maka putaran air radiator juga akan lebih cepat sehingga air yang melewati selang akan rembes di sekitar selang.Selang sendiri sudah ada klem untuk mengikat agar tidak lepas terhadap rumahnya.Saat selang sudah berumur lebih dari 5 tahun maka yang saya alami kali ini adalah selang pada ujungnya lubangnya lebih lebar seperti terlihat pada gambar di atas.Jadi saat akan di pasang kembali pada rumahnya akan terasa longgar meskipun sudah di klem dengan kuat.

Apabila hal ini terjadi maka sebaiknya ganti selang radiator untuk posisi upper dan lower agar terhindar dari kebocoran sistem pendingin.Meskipun anda mencoba memasang kembali selang tersebut meskipun terlihat masih bagus dan tidak retak atau sobek,namum kemungkinan bisa terjadi kembali air radiator rembes dari tempat yang sama.

Setelah di temukan trouble temperatur mesin panas yang penyebabnya dari air radiator yang rembes maka bagi pemilik kendaraan segera periksa selang atau karet yang berhubungan dengan air pendingin siapa tahu sudah mengeras dan retak-retak sehingga memungkinkan akan terjadi kebocoran air radiator sangat tinggi.

Jika informasi ini bermafaat untuk para pemilik kendaraan jangan lupa share agar para pemilik kendaraan mengetahui kondisi selang system pendingin radiatornya.

Komentar