TUTUP RADIATOR - KOMPONEN PENTING DALAM SYSTEM PENDINGIN MOBIL

KOMPONEN YANG SEPELE NAMUN MEMPUNYAI FUNGSI LEBIH-TUTUP RADIATOR


RADIATOR CUP - Merupakan komponen didalam sistem pendingin yang fungsinya sangat berperan untuk mensirkulasikan air didalam radiator,mesin dan reservoir.

Banyak pemilik kendaraan tidak mengetahui bahwa tutuo radiator tidak hanya sekedar untuk menutup air didalam radiator agar tidak tumpah keluar.Maka dari itu artikel ini akan memberikan informasi yang lebih pada pemilik kendaraan agar selalu memeriksa air radiator sekaligus dengan radiator cupnya.

Jika kita lepas radiator cup maka akan terlihat di ujung tutupnya terlihat seperti karet hitam dan di bagian dalam juga ada karet hitam lagi.Ini merupakan bukan karet hitam biasa namun merupakan berfungsi sebagai valve atau katup.

Sekarang saya bahas bagaimana cara kerja dari tutup radiator.Sudah dijelaskan bahwa di tutup radiator terdapat dua buah valve atau katup dan valve itu mempunyai fungsi yang berbeda-beda.Pertama adalah katup pressure yang berfungsi mengalirkan air radiator yang panas ke dalam reservoir.Katup ini terbuka saat ada tekanan atau pressure tinggi di system pendingin sehingga valve ini akan bekerja membuka dan mengalirkan air panas bertekanan ke reservoir untuk didinginkan.

Setelah preesure atau tekanan dan radiator menurun dan air yang ada direservoir juga sudah dingin maka didalam radiator terjadi kevakuman.Dengan adanya kevakuman maka valve pada tutup radiator untuk vacum valave akan membuka sehingga air yang ada di dalam reservoir akan dihisap atau divacum kembali ke radiator,sehingga jumlah air radiator selalu tetap dan tidak berkurang.

Berbeda jika tutup radiator pada salah satu valvenya tidak berfungsi maka akan berakibat kerusakan pada system pendingin pada kendaraan atau mobil.Sebagai contoh jika vacum valve pada radiator rusak atau sudah lemah maka yang terjadi adalah saat tekanan tinggi air dikeluarkan terus menerus ke reservoir namu saat terjadi kevacuman di radiator air di reservoir tidak bisa kembali lagi ke radiator sehingga air di dalam reservoir akan semakin penuh dan mengalir keluar.

Jika ini terjadi maka didalam radiator lama-kelamaan air akan berkurang sehingga bisa menyebabkan engine over heat.Apabila menemukan kasus seperti ini maka coba periksa terlebih dahulu tutup radiatornya apakah vacum valve sudah lemah yaitu dengan cara di cek menggunakan radiator cup tester.

Kesimpulan yang di dapat dari artikel ini adalah jangan anggap sepele tentang tutup radiator atau radiator cup,karena komponen ini sangat berfungsi penting didalam system pendingin di kendaraan.Jika tutup rusak atau hilang jangan asal menutupnya dengan yang bukan untuknya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses


Penulis : Edy Saputra

Komentar