AIR FLOW SENSOR PADA SYSTEM INJEKSI MOBIL


AIR FLOW SENSOR - Pada kendaraan system injeksi di gunakan untuk mensensor atau mendeteksi aliran udara yang masuk ke engine melalui intake manifold.

Biasanya sensor ini terletak di bagian saluran intake yaitu saluran setelah filter udara.Beberapa kendaraan system injeksi ada yang menggunakan air flow sensor dan ada pula yang tidak menggunakan.Untuk yang tidak menggunakan air flow sensor biasanya menjadi satu dengan MAP sensor.

Ada beberpa jenis air flow sensor pada kendaraan yaitu:
1.Ultrasonic Wave Type
2.Pressure Type
3.Hot Wire Type
4.New Mikro Air Flow Sensor

Untuk new mikro air flow sensor mulai digunakan sejak tahun 2004 sampai sekarang dengan menggunakan silicone base.Perubahan udara masuk ke intake akan mempengaruhi tegangan output sensor yang akan dikirimkan ke ECU.Hot wire pada air flow sensor terbuat dari platinum rhodium ukuran diamter kawat 12 micrometer.

Cara kerja komponen dari air flow sensor dan fungsinya :
1.Amplifier berfungsi untuk membangkitkan dan memperkuat gelombang ultrasonic
2.Transmiter untuk mengirimkan gelombang ultrasonic
3.Receiver berfungsi untuk menerima gelombang ultrasonic
4.Rectifier berfungsi menyearahkan aliran udara yang masuk ke intake manifold
5.Vortex Generation Coulomb berfungsi untuk membuat pusaran aliran udara
6.Modulator berfungsi untuk merubah gelombang ultrasonic menjadi gelombang listrik tinggi

Nilai dari air flow sensor jika dilihat dari data list menggunakan scan injeksi adalah Hz.Nilai dari sensor ini akan selalu naik jika kecepatan mesin atau Rpm juga bertambah.Untuk beberapa masalah trouble shooting yang pernah saya temui tentang air flow sensor yaitu mesin asap hitam pekat dan saat di akselerasi terasa nyendat.

Jika air flow sensor rusak terjadi kendala seperti itu,namun untuk posisi kendaraan idling tidak mengalami masalah dalam hal ini stasioner juga normal.Seperti yang saya jelaskan tadi terutama saat akselerasi mesin terasa nyendat dan asap hitam muncul.Apabila menemui kasus seperti ini coba ganti air flow sensornya.

Sebelum memastikan sir flow sensor rusak maka periksa terlebih dahulu tegangan input dari engine relay dan tegangan output sensor.Jika tegangan input tidak ada maka kemungkinan dari wiring system ada masalah yaitu jalur air flow sensor putus.Agar tidak bingung saat memperbaiki system injeksi yang berhubungan dengan kabel alangkah baiknya menggunakan buku workshop manual khusus wiring diagram sehingga akan membantu kita dalam menganalisa kerusakan system kelistrikan.

Komentar