BEBERAPA SENSOR YANG ADA PADA SYSTEM INJEKSI MOBIL


Sobat otomotif kali ini saya akan membagikan informasi tentang beberapa sensor yang ada pada system injeksi pada mobil.Selain sensor-sensor utama agar kendaraan bisa hidup maka juga diperlukan sensor tambahan pendukung agar kerja dari engine system injeksi lebih baik.

Berikut ini beberapa sensor yang akan kita bahas
1.Intake Air Temperatur Sensor
Sensor ini terletak di intake manifold atau dijalur masuk udara ke engine.Fungsi dari sensor ini adalah untuk mengukur temperatur udara masuk dengan sebuah termistor.Untuk termistor sendiri ada dua jenis yaitu tipe NTC dan tipe PTC.Sensor ini merubah tahanan dengan perubahan sesuai dengan temperatur sekitar.

2.Barometric Pressure Sensor
Sensor ini mendeteksi atau mengukur ketinggian suatu tempat dengan menggunakan semi konduktor.Dengan kendaraan berada di pegunungan maka sensor ini akan mendeteksi berapa pressure atau tekanan udara di tempat tersebut.Semakin tinggi tempat maka semakin berkurang tekanannya.

3.Coolant Temperatur Sensor
Terletak di saluran pendingin air radiator.Sensor ini langsung berhubungan dengan air radiator sehingga dapat juga berfungsi untuk mengukur temperatur air pendingin engine dengan menggunakan sebuah termistor.Sensor ini merubah tahanan  sesuai dengan temperatur air pendingin yaitu saat temperatur air pendingin dingin maka tahanan akan tinggi dan apabila teperatur panas maka tahanan akan semakin rendah.

4.Detonation Sensor
Digunakan untuk mendeteksi getaran yang ada di cylinder block untuk mencegah terjadinya knocking dengan menggunakan pzioelectric.Untuk kendaraan yang tidak dilengkapi dengan distributor maka kecepatan perubahan idle di dalam trotle position sensor yang dibaca oleh ECU untuk mengendalikan knocking.

5.Throtle Position Sensor
Untuk mengukur derajat pembukaan throtle valve dengan menggunakan potensiometer.Tegangan yang dikirmkan tergantung dari beberapa derajat throtle valve terbuka.Semakin besar derajat pembukaan throtle valve maka semakin tinggi tegangan yang dikirimkan ke engine control unit ( ECU ).

6.Crank Angle Sensor
Digunakan untuk mengukur sudut putaran tiap silinder dan merupakan sensor utama apabila rusak maka berpengaruh pada mesin yaitu mesin tidak bisa hidup atau mati.Untuk sensor ini biasanya dipasang pada bagian depan sekitar pulley dengan gear yang bergerak ditempatkan di crank shaft.Tipe dari crank angle sensor yaitu tipe LED,Photodioda dan jenis Hall Element

7.Top Dead Center Sensor
Sensor ini untuk mendeteksi langka kompresi silinder no 1.Terletak di cylinder head untuk memeriksa gear yang menjadi satu dengan cam shaft.Misalkan TDC sensor dilepas saat mesin sudah hidup maka maka engine tidak akan mati karena sudah di backup oleh ECU.Namun setelah kendaraan berhenti engine mati dengan TDC sensor dilepas maka saat start awal mesin tidak bisa hidup karena  TDC belum terdeteksi.

8.Oksigen Sensor
Sensor ini terletak di knalpot untuk mendeteksi atau menyensor kadar O2 di dalam muffler dan juga sebagai feed back kontrol.Jika sensor ini rusak maka akan berakibat bahan bakar semakin boros.

Semoga bermanfaat artikel kali ini yang saya terbitkan sehingga dapat membantu para pemilik kendaraan agar mengetahui tipe-tipe dari sensor yang ada pada kendaraannya.