CARA MEMERIKSA SWITCH WIPER CANTER JIKA WIPER MATI

WIPER MATI COBA PERIKSA SWITCH WIPERNYA


WIPER - Merupakan alat pendukung di kendaraan yang sangat penting fungsinya.Memang sangat jarang digunakan jika musim kemarau karena tidak membutuhkan untuk membersihkan kaca.Berbeda dengan saat musim penghujan maka wiper sangat penting fungsinya.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang cara pemeriksaan switch wiper jika wiper system tidak bekerja.Untuk wiper sendiri terdiri dari motor wiper yang dapat dikontrol secara electronik dengan berbagai varian pilihan kecepatan dari motor wiper.Dari switch dengan kecepatan intermitent,low dan high.

Wiper yang jarang digunakan dan tiba masuk musim penghujan maka kadang ada kendala pada wipernya yaitu karet wiper tidak bersih atau sama sekali wiper tidak bisa berfungsi.Maka dari itu gambar di atas merupakan switch untuk wiper yaitu AK14A.Konector switch wiper pada mitsubishi colt diesel canter terdapat 14 pin yang semuanya dapat kita periksa dan terminal pin mana yang akan terhubung saat switch diposisikan di masing-masing kecepatan.

Untuk memeriksa wiper washer
    Position Switch                               Continuity Terminal
        INT ( Intermitent )                                    2-14
        LO ( Low )                                                2-4
        HI ( High )                                                2-3-4
        WASH ( Washer )                                     2-9

Horn Switch pososi switch On hubungan terminal 8 - Ground
Exhaust Brake Switch On hubungan terminal 12-13

Dari pembahasan di atas dapat kita baca seperti ini,Untuk memeriksa switch wiper dan washer diposisikan ke LO (low) maka dengan menggunakan ohm meter kita periksa hubungan terminal no 2 dan no 4.Dan disini kita memeriksa dengan ohm meter jika ada hubungan antara kedua pin maka switch untuk posisi LO dalam keadaan baik.Untuk memeriksa pin yang lainya juga sama cara pemeriksaannya.

Jika menemukan tidak kesesuaian dengan hubungan antara pin sesuai dengan posisi maka kemungkinan switch wiper mengalami kerusakan.Ganti switch jika memang sudah tidak bisa di repair.

Komentar