MENGATASI COLT T 120 SS MOGOK KARENA TIDAK ADA PENGAPIAN

ENGINE COLT T 120 SS MOGOK KARENA PENGAPIAN


INJEKSI - Kendaraan colt t 120 ss merupakan engine dengan sistem injeksi yang sering kita mengeluhkan beberapa trouble shooting.Meskipun demikian kendaraan ini sangat kuat dan tangguh disegala medan.

Dari artikel ini saya akan memberikan sedikit tips dan pengalaman dalam menangani kendaran colt t 120 ss yang mengalami masalah di sistem pengapiannya.Dengan tidak adanya api dalam sistem injeksi maka mesin tidak akan menyala.Karena syarat mesin hidup adalah harus ada udara+bahan bakar dan kompresi,termasuk salah satunya pengapaian.

Waktu itu kendaraan datang dengan cara diderak karena mesin dalam posisi mogok.Setelah ada analisa dan pertanyaan kronologi mogok dari pemilik kendaraan maka langsung dilakukan pemeriksaan pada syarat mesin bisa hidup tadi yang sudah dijelaskan.

Pemeriksaan bahan bakar yang keluar dari tangki dalam hal ini pompa bensin apakah bekerja atau tidak.Dan setelah dilakukan pemeriksaan bahan bakar keluar dari tangki sehingga dalam hal ini system bahan bakar tidak mengalami masalah.Untuk kompresi dilakukan pemeriksaan dan hasilnya juga masih dalam kondisi baik.

Pada system pengapian di lakukan pemeriksaan tidak ada muncul api pada busi.Untuk itu pada system injeksi ada beberapa system untuk mengatur system pengapian,dari crank angle sensor,power transistor dan engine control unit yang mengatur system pengapian.Dari crank angle sensor dilakukan pemeriksaan masih dalam kondisi bagus.

Untuk power transistor mengalami panas saat ignition switch posisi ON sehingga ada yang tidak beres di power transistor dan hubungan wiring harnes ke engine control unit.Power transistor panas kemungkinan pada transistor di dalam ECU short.Karena transistor di ECU berfungsi sebagai switch agar api dapat memercikan bunga api di busi.Jika transistor rusak dalam posisi putus maka tidak ada pengapian pada busi.Dalam hal ini karena menggunakan 4 silinder dengan menggunakan 2 coil 4 busi maka pada engine control unit juga ada 2 buah transistor sebagai switchnya.Hanya ada satu transistor yang rusak sehingga pengapian tidak muncul dan berakibat engine mogok.

Ganti engine control unit dan lakukan pemeriksaan alhasil mesin dapat menyala kembali dengan normal.Sebagian jika menganggap ganti ECU mahal maka dapat di repair dengan harga terjangkau dan lebih murah dengan hasil juga memuaskan dan bergaransi.

Komentar

Posting Komentar