PENYEBAB BUNYI MENDECIT SAAT MESIN BARU DINYALAKAN DI PAGI HARI PADA KENDARAAN


BisaBengkel,com - Merupakan tempat berbagi informasi tentang seputar otomotif baik cara kerja dari sistem,trouble shooting dan lain sebagainya.Pada kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang trouble bunyi mendecit pada kendaraan.

Umumnya bunyi mendecit sering terjadi pada kendaraan waktu pagi.Hal itu sering terjadi karena kendaraan yang parkir lama semalaman dan tiba-tiba waktu pagi saat engine dinyalakan langsung ada hentakan dari mesin sehingga apabila fan belt kendor akan berakibat fan belt bunyi mendecit.

Jika bunyi mendecit hilang setelah mesin panas maka bisa jadi fan belt sudah aus sehingga perlu dilakukan penggantian.Fan belt yang yang aus bisa dilihat dengan cara visual yaitu dengan melihat bentuk fan belt apakah berbentuk V atau model lebar dengan garis memanjang seperti terlihat pada gambar.

Fan belt yang berbentuk V jika aus akan terlihat ketebalan fanbelt berkurang dan saat di pasang fan belt akan berada masuk di dalam pulley tidak bisa menonjol ke permukaan.Berbeda dengan tipe yang kedua yaitu fan belt jika aus akan terlihat pada garis-garis pada fan belt sudah agak rata dengan fan beltnya.

Berbeda dengan fan belt yang kelihatanya masih bagus namun setelah di lihat fan belt tersebut daya kelenturannya hilag karena usia sehingga waktu ditekuk karet fan belt akan retak sehingga perlu penggantian.Untuk fan belt alternator jika kendor biasanya akan bunyi mendecit saat malam hari dikarenakan beban kerja alternator lebih tinggi yaitu beban kelistrikan lampu utama menyala.

Fan belt power steering bisa juga bunyi jika kendor saat steering kita belokkan penuh karena pompa power steering bebannya semakin tinggi untuk memompa minyak power steering saat dibelokan.Fan belt AC atau air conditioner bisa berbunyi saat fan belt kurang pengencangan ketika ac di nyalakan maka beban kompresor semakin tinggi sehingga kerja dari fan belt ac lebih kuat.Bila sedikit kendor akan berakibat bunyi mendecit saat diakselerasi.

Banyak kemungkinan dari bunyi mendecit pada kendaraan tergantung saat apa dan bagaimana kendaraan itu dioperasikan.Fan belt yang sudah berusia daya kelenturannya akan menurun sehingga bisa menyebabkan fan belt putus saat anda dalam perjalanan.Untuk itu ganti fan belt secara menyeluruh apabila ditemukan kasus yag sama seperti pada penjelasan di atas.

Komentar