PENYEBAB TEMPERATUR DAN LAMPU GLOW PLUG NYALA TIDAK NORMAL PADA MITSUBISHI KUDA

LAMPU GLOW PLUG NYALA TERUS  MESKIPUN MESIN PANAS


MITSUBISHI KUDA - Kendaraan penumpang yang sudah tidak lagi diproduksi oleh mitsubishi namun tetap melekat dan kendaraan dipakai oleh pelanggan karena memang mesin yang kuat dan bandel sehingga sampai sekarang masih banyak kendaraa yang lalu lalang di jalan.

Dari sini banyak kendaraan mitsubishi kuda yang datang ke bengkel untuk melakukan service baik service ringan atau service trouble shooting.Maka dari itu pernah saya menemukan trouble pada kendaraan mitsubishi kuda diesel pada temperatur engine tidak mau naik dan lampu glow plug tetap menyala meskipun kondisi mesin sudah panas.

System glow plug adalah system pemanas di ruang bakar untuk kendaraan diesel agar saat dingin atau pagi mesin mudah dihidupkan.Untuk mengetahui busi pemanas atau glow plug bekerja di control dashboard ada tanda lampu check untuk glow plug.Disaat mesin posisi dingin dan kita mengonkan switch kontak maka di dashboard lampu check busi pemanas akan menyala dan saat glow plug sudah panas dan temperatur ruang bakar juga mamanas maka lampu di dashboard akan mati secara otomatis.

Yang saya temui pada kendaraan mitsubishi diesel ini kondisinya berbeda dengan yang keadaan normal.Yaitu lampu check glow plug masih tetap menyala lama setelh mesin hidup dan temperatur mesin sudah panas.Dalam hal ini ada yang tidak beres di system glow plug dan temperaturnya.

Switch temperatur di coba dibersihkan dan trouble masih kemudian switch temperatur kita ganti yang baru namun masih tetap saja kendaraan belum normal.Untuk wiring harnes system glow plug dari relay,kabel-kabel dan glow plg sendiri setelah di periksa dalam kondisi baik.

Setelah memeriksa semua fuse di kendaraan baik di dalam ruang kabin atau ruang engine didapatkan ada satu fuse yang mengalami open circuit atau fuse putus.Fuse yang putus adalah untuk lampu kota atau tail lamp.Dan memang saat di lakukan pemeriksaan lampu tail kondisi mati.Untuk itu fuse diganti sesuai dengan ukuran amperenya.Kita periksa lampu tail menyala kemudian mesin dinyalakan.Setelah diperiksa saat beberapa detik lampu glow plug langsung mati dan beberapa menit temperatur mesin juga mulai naik terlihat normal.Dari sini kemungkinan trouble terjadi dari fuse untuk tail lamp yang berhubungan dengan system glow plug dan system temperatur engine.

Kesimpulan saja jika mengerjakan trouble shooting di kendaraan jangan selalu memeriksa dari system yang dalam keadaan rusak,namun juga perlu di periksa yang mungkin tidak berhubungan dengan trouble seperti ini.Bisa jadi penyebab fuse tail lamp putus bisa berakibat tidak hanya lampu kota atau tail lamp yang mati namun juga dapat berakibat ke system yang lain seperti yang saya jelaskan diatas,semoga bermanfaat.

Komentar