SALAH SATU PENYEBAB LAMPU ABS MENYALA PADA CEVROLET OPTRA

PENYEBAB LAMPU ABS MENYALA PADA CEVROLET


OPTRA - Kendaraan cevrolet ini merupakan tipe sedan yang sangat nyaman untuk di kendarai.Mungkin ada yang berbeda dengan tekonoli kendaraan ini karena memang pabrikan kendaraan dari general motor dan buka lagi pabrikan dari jepang.

Dari kendaraan yang service di tempat kami tidak pernah menemukan khasus trouble yang pernah saya alami pada kendaraan cevrolet optra ini.Kala itu datang kendaraan cevrolet dengan tipe sedan menggunakan transmisi otomatis.

Customer mengeluhkan agar waktunya diganti oli transmisi otomatisnya karena sudah melampui batas waktu kilometer penggantian.Maka dari itu diganti oli automatic transmision seperti biasa yang sering kita lakukan pada umumnya di kendaraan lain yang datang service.

Cevrolet optra yang datang hanya untuk ganti oli matic dan setelah diganti olinya muncul trouble system ABS.Sangat aneh dan tidak disadari karena kita hanya mengerjakan di automatic namun muncul trouble di ABS.Setelah di scan dan diperiksa system ABS nya dari sakering dan wiring tidak ditemukan masalah.Kemungkinan di system rem mengalami masalah.Akan tetapi setelah rem dibersihkan dan di control masih dalam kondisi normal.

Trouble ini muncul seketika setelah ganti oli matic.Bingung bercampur tegang karena kendaraan mau segera dipakai pemilik.Setelah dengan berpikir jernih trouble ini muncul setelah ganti oli matic,maka kami cek kembali saat melakukan pengurasan oli transmisi otomatis.Selang dan kondisi sekitar pengerjaan juga tidak ada hal yang mencurigakan.Setelah berpikir lama dan dilakukan pemeriksaa jumlah oli automtic trnasmision ternyata jumlah olinya terlalu banyak.

Setelah mengganti oli matic sebaiknya kita lakukan test drive dan kemudian periksa kembali oli maticnya.Jumlah oli terlalu banyak sehingga oli di automatic transmision dikurangi sesuai dengan jumlah sesungguhnya.Saat kendaraa di start dan akan dihidupkan tiba-tiba lampu control ABS mati atau tidak menyala lagi.Tidak tahu dari pekerjaan apa yang kita lakukan sehingga lampu control ABS dan mati sendiri.Kemungkinan ini ada pengaruh dari jumlah oli transmisi otomatis yang terlalu banyak karena setelah oli dikurangi system ABS dapat normal kembali.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk para mekanik dalam menangani suatu trouble shooting di kehidupan sehari-hari yang sering bergelut dengan dunia perbengkelan.

Komentar