SUARA ABNORMAL DIBAWAH STEER PADA KENDARAAN MITSUBISHI L300

SUARA ABNORMAL SAAT JALAN PADA L300


L300 - Kendaraan mitsubishi dengan mesin diesel 2500 cc sangat handal dan kuat di segala medan.Kali ini bukan tentang mesin yang akan kita bahas namun tentang suara abnormal yang sangat berisik dan terdengar di ruang kabin saat kendaraan jalan.

Ketika pelanggan datang dengan membawa keluhan pada kendaraannya kita harus mendengarkan dan mengamati bagaimana,apa dan kapan trouble itu terjadi.Lebih baik jika trouble tentang bunyi abnormal sebaiknya kendaraan di test drive bersama customer agar apa yang dimaksudkan oleh pelanggan kita dapat tersampaikan sehingga suara abnormal yang muncul pada kendaraan dapat menjadi satu persepsi.

Jika kendaraan sudah terdeteksi suara abnormal yang seperti apa yang dikeluhkan oleh pelanggan maka kita dapat mempersempit menjadi salah satu penyebab dari trouble tersebut.

Waktu itu trouble yang muncul adalah suara abnormal sekitar bawah steering ketika kendaraan sedang berjalan.Dari sini maka analisa adalah yang berhubungan dengan steering,body depan dan suspensi depan.

Dilakukan understeel dengan mengencangkan semua mur dan baut yang berhubungan dengan steering juga suspensi akan tetapi ketika kendaraan di test drive hasilnya trouble masih muncul.Dengan cara body depan kita gedor ternyata suara abnormal ini muncul dan ketika itu terlihat bumper depan dengan body menempel namun agak renggang sehingga ketika kita gedor maka suara itu muncul dari bumper depan yang menempel ke body kendaraan.

Bumper depan kita stel ulang agar tidak terlalu menempel ke body dan setelah kita test drive hasilnya bagus,suara abnormal saat kendaraan jalan tidak lagi muncul sehingga trouble selesai teratasi.

Kadang memang trouble suara sangat sulit sekali ditemukan karena suara itu muncul dengan kondisi yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungan atau kondisi permukaan jalan.Maka  dari itu untuk mengatasi trouble shooting suara memang harus sedikit bersabar agar hasil yng diharapkan dapat lebih baik.

Komentar