SUARA MENDENGUNG PADA OPEL BLAZER KECEPATAN 60 KM /JAM

SALAH SATU PENYEBAB SUARA MENDENGUNG PADA OPEL BLAZER


OPEL BLAZER - kendaraan keluaran general motors ini merupakan kendaraan tangguha dengan chasis yang kokoh.Dari segi teknologi juga sangat mumpuni dan sudah lengkap dengan fitur keselamatan.

Suatu ketika ada customer datang ke bengkel dengan keluhan aa suara abnormal pada kendaraannya untuk kecepatan sekitar 60 km/jam dan saat kecepatan dinaikan lebih dari 70 km/jam suara tersebut hilang.Setelah kendaraan ditest drive bersama customer untuk memastikan trouble maka saat kecepatan tertentu muncul trouble suara mendengung.

Suara abnormal saat kecepatan tertentu kemungkinan diakibatkan dari suatau komponen yang bergerak bisa dari mesin,transmisi dan differential.Misalkan bearing roda kemunginan tidak karena misal kerusakan dari bearing roda maka suara mendengung akan muncul terus ketika kendaraan berjalan dan suara  tesrebut akan semakin tinggi jika kecepatan kendaraan ditambah.

Dengan analisa saya mencoba untuk membuka timing belt,bisa jadi kekencangan timing belt yang tidak standar bisa menyebabkan suara mendengung seperti yang dialami kendaraan ini.Kemudian timing belt kita over houle dan dipsang kembali dengan penyetelan kekencangan timing belt sesuai standar.Setelah semua komponen terpasang maka mesin dinyalakan.Dilakukan test drive akan tetapi suara mendengung tetap terdengar saat kecepatan kendaraan kurang lebih 60 km/jam.

Kendaraan diangkat kelift untuk pemeriksaan bagian komponen kendaraan yang berhubungan denga putaran mesin ke roda saat jalan.Dari mesin,transmisi dan gardan semua dalam keadaan normal.Semua dilakukan understell dan dalam keadaan masih baik.Dari sini setelah kendaraan diangkat terlihat propeler shaft atau istilahnya cross joint.Dengan handbrake di lepas maka saya putar propeler shaft tersebut dan ada saat dimana saya memutar propeler shaft terjadi seperti ada posisi yang kencang.

Propeler shaft dilepas dan di cek untuk cross jointnya.Ternyata untuk cross joint mengalami keausan sehingga putaran propeler shaft tidak balance maka dari itu cross joint kami lakukan penggantian.Pasang cross joint baru dan dipasngkan pada kendaraan.

Test drive dilakukan lagi untuk memastikan trouble sudah teratasi dan memang suara mendengung saat kecepatan 60 km/jam sudah hilang.Kesimpulan dari trouble pada opel blazer ini adalah penyebabnya dari cross joint yang sudah aus sehingga menyebabkan putaran propeler shaft tidak balance dan mengakibatkan suara mendengung.

Semoga bermanfaat artikel ini untuk para mekanik yang sedang mengalami suatu trouble shooting siapa tahu penyebab dan kronologi sama dengan yang saya alami waktu ini,salam sukses.

Komentar