TENAGA ENGINE HILANG SAAT AKSELERASI PADA MITSUBISHI GALANT

TENAGA HILANG KARENA FILTER BENSIN DALAM TANGKI KOTOR


Sobat mekanik kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam memperbaiki trouble pada kendaraan mitsubishi galant.Mitsubishi galant menggunakan mesin injeksi dengan 6 silinder sehingga tarikan dan akselerasi sangat bagus.Namun berbeda dengan kendaraan yang satu ini jika terjadi masalah pada enginenya.

Pada waktu itu datang pelanggan ke bengkel mengeluhkan bahwa kendaraan akselerasi kurang dan saat di test drive memang demikian sesuai dengan apa yang diceritakan oleh customer tersebut.

Dilakukan pemeriksaan dari busi,filter bensi kabel busi dan sistem injeksi di kendaraan tersebut.Singkat kata setelah dilakukan pemeriksaan semua pada kendaraan tersebut dengan dilakukan engine tune up kendaraan masih mengalami trouble yang sama.

Dari engine dan system yang lain tidak mengalami masalah,dari coil,busi,kabel busi dan lain sebagaiannya masih normal.Timing belt dilakukan pemeriksaan tanda timingnya apakah ada tanda timing belt yang tidak pas sesuai dengan tandanya,namun pada timing belt masih pada posisi sesuai tanda timing.

Setelah beberapa saat muncul ide untuk memeriksa tekanan bahan bakar yang keluar dari pompa bensin ke injektor.Setelah selang yang masuk ke injektor kita lepas maka dengan cara ujung selang tadi di masukan ke dalam sebuah tabung atau gelas maka salah satu teman kita minta tolong untuk menstart engine beberapa saat.Sambil kendaraan di start maka lihat tekanan bahan bakar yang keluar dari selang tadi.Terlihat tekanan bahan bakar kurang kuat dan terlihat lemah.Sehingga saya inisiatif untuk memeriksa pompa bahan bakar ditangki.

Tangki kita turunkan dan pompa bahan bakar dilepas,terlihat pada ujung pompa bahan bakar ada sebuah filter yang warnanya sangat hitam pekat karena kotoran yang menempel.Filter tadi kita ganti dengan yang baru kemudian dipasang kembali.Kendaraan kita hidupkan dan dibuat test drive hasilnya akselerasi engine meningkat dengan cepat dan mesin kembali normal.

Kesimpulan dari trouble shooting kali ini pada kendaraan mitsubishi galant adalah akselerasi yang kurang responsif diakibatkan supply bahan bakar dari tangki ke injektor melalu pompa bahan bakar terhalang dan kurang maksimal karena filter didalam tangki kotor.Sehingga bahan bakar yang dialirkan tidak lancar dan kurang saat akselerasi.

Semoga bermanfaat bagi para mekanik dalam mengatasi suatu trouble shooting dibengkel.Jangan lupa dishare jika artikel ini bermanfaat.

Komentar