COIL MATI PENYEBAB ENGINE PINCANG PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS

ENGINE STASIONER TIDAK STABIL KARENA COIL MATI


COIL - Merupakan komponen penting didalam system injeksi kendaraan mitsubishi colt t 120 ss injeksi.Dengan menggunakan dua buah coil untuk empat silinder yang dikontrol secara electronic sesuai firing ordernya.

Untuk coil kendaraan injeksi pada colt t 120 ss ada dua buah coil yaitu satu coil untuk silinder no 1 dan 4 dan coil yang satunya untuk silinder no 2 dan 3.Apabila terjadi ketidak abnormalan pada coil seperti coil mati satu maka akan berpengaruh terhadap engine yaitu engine menjadi pincang atau stasioner tidak stabil.

Trouble yang pernah saya temui kali ini adalah engine stasioner pincang dan setelah dilakukan pemeriksaan pada busi no 1 dan 4 tidak mengeluarkan bunga api.Kami lakukan pemeriksaan pada busi hasilnya bagus.Untuk kabel busi sendiri juga dalam keadaan baik.Sehingga coil kami lakukan pemeriksaan.

Coil dapat diperiksa dengan menggunakan tahanan pada posisi satuan kilo ohm.Jika coil rusak maka tahanan kumparan didalam coil bisa saja putus atau tahanan menjadi lebih tinggi saat dilakukan pemeriksaan.

Jika coil tidak dapat memercikan bunga api jangan lupa periksa juga tegangan yang masuk ke coil apakah ada atau tidak.Dan tidak lupa ground yang dapat power transistor juga harus diperiksa karena satu sama lain saling berhubungan agar terjadi percikan bunga api dari kerja coil.

Apabila untuk busi no 2 dn 3 ada percikan bunga api maka dengan langkah sederhana coba kita lakukan pemeriksaan dengan mengganti posisi coil yang bermasalah tadi.Coil yang bermasalah kita lepas dan coil untuk silinder no 2 dan 3 kita pasangkan.Start dan jika ada percikan bunga api pada busi maka dapat dipastikan coil untuk silinder no 1 dan 4 rusak atau sudah mati.

Setelah diganti coil yang rusak maka engine dapat hidup stasioner kembali,trouble sudah teratasi.Untuk hasil maksimal sebaiknya coil diganti dua-duanya karena bisa jadi umur coil sama dan bisa menyebabkan coil yang satunya bisa mati kapan saja.

Komentar