PENYEBAB MESIN MOGOK PADA COLT T 120 SS KARENA TIDAK ADA PENGAPIAN

ENGINE MOGOK TIDAK MAU START KARENA TIDAK ADA PENGAPIAN


Pada kendaraan injeksi semua system bahan bakar,pengapian dikontrol secara electronic oleh engine control unit atau istilahnya ECU.Pada kendaraan colt t 120 ss sering saya jumpai kendaraan mogok dengan trouble tidak ada pengapian terutama dibusi no 1 dan 4 bisa juga di busi no 2 dan 3 tergantung saat kita melakukan pemeriksaan.

Langkah awal jika kita memperbaiki kendaraan mogok adalah dengan memeriksa bahan bakar dan pengapiannya.Apakah bahan bakar dapat keluar melalu selang yang masuk ke injektor atau tidak.Dan yang utama lagi adalah andanya percikan bunga api disetiap busi.

Apabila percikan bunga api di dua busi tidak ada misalkan pada busi no 1 dan no 4 maka kemungkinan analisa kerusakan disebabkan oleh coil,power transistor dan engine ECU itu sendiri.Untuk itu kita lakukan pemeriksaan satu persatu.

Dari coil kita periksa tahanan apakah masuk dalam standart atau sudah rusak.Kemudian power transistor untuk silinder no 1 dan 4 apakah dalam keadaan baik atau putus.Semua wiring atau kabel yang berhubungan dengan coil dan power transistor juga perlu dilakukan pemeriksaan apakah dalam kondisi baik atau ada yang mengalami putus ditengah.

Setelah memeriksa coil dalam keadaan baik,power transistor juga baik,termasuk dengan kabel jurusan ke ecu juga dalam keadaan baik maka langkah terakhir adalah memeriksa engine control unit.Buka ECU yang menempel dikendaraan bagian depan kiri dibawah dashboard berbentuk kotak hitam.Kita periksa ECU komponen didalamnya apakah ada yang mengalami kerusakan atau tidak.

Sebagian kendaraan yang mogok yang pernah saya alami pada ECU nya mengalami kerusakan komponen yaitu komponen IC terbakar terutama untuk system pengapaiannya.Sehingga system pengapian akan terganggu dan kendaraan mogok.

ECU juga bisa direpair agar biaya service dapat ditekan lebih murah karena jika ECU diganti dengan yang baru maka harganya juga cukup lumayan menguras kantong.

Komentar