POWER TRANSISTOR BERMASALAH PENYEBAB MESIN COLT T 120 SS MATI SENDIRI

POWER TRANSISTOR BERMASALAH PENYEBAB MESIN COLT T 120 SS MATI SENDIRI


POWER TRANSISTOR - Pada kendaraan colt t 120 ss yang bermesin injeksi menngunakan power transistor sebagai pembagi untuk sistem pengapiannya.Terletak diatas intake manifold dan terlihat seperti pada gambar diatas.

Trouble yang pernah saya alami tentang sistem injeksi pada kendaraan colt t 120 ss adalah termasuk yang sangat sulit ditemukan.Pada saat itu kendaraan masuk bengkel dengan keluhan dari customer bahwa saat kendaraan posisi dingin yaitu saat pagi mesin dinyalakan bisa nyala akan tetapi setelah beberapa menit kurang lebih 10 menit mesin tiba-tiba mati sendiri.Kemudian mesin dinyalakan lagi dan bisa normal kembali.Akan tetapi setelah beberapa menit kembali mesin mati lagi dan terjadi berulan-ulang.

Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan power transistor dalam kondisi normal,coil,crank angle sensor,cam angle sensor juga dalam keadaan baik dan normal.Jalur kabel dan system bahan bakar juga dilakukan pemeriksaan dan normal.

Setelah semuanya normal setelah dilakukan pemerikasaan  maka dengan meminjam engine control unit kendaraan yang normal dan dipasangkan pada kendaraan yang trouble.Setelah dipasang mesin dapat menyala dan setelah beberapa menit engine menjadi stasioner tidak stabil dan kemudian mati.Dari hasil peminjaman ECU trouble masih terjadi sehingga kemungkinan ECU tidak mengalami masalah.

Berpikir dengan membaca wiring diagram maka kami menemukan ide agar kendaraan untuk power transistornya juga kami lakukan peminjaman terhadap mobil yang normal.Dan memang benar setelah power transistor dipasang dan mesin dinyalakan beberapa menit kemudian mesin masih stasioner dan tidak terjadi trouble yaitu mati sendiri.Sampai beberapa jam dan dibuat test drive mesin masih dalam kondisi normal.

Untuk memastikan bahwa power transistor rusak maka power transistor pada kendaraan yang trouble dipasangkan pada kendaraan normal.Kemudian mesin dinyalakan dan selang beberapa menit mesin mati sendiri.Trouble pindah ke kendaraan yang normal tadi,maka langsung diganti power transistor dan hasilnya kendaraan dapat nyala normal.

Analisa dari trouble ini adalah power transistor mengalami error system kerja terutama saat panas,sehingga power transistor tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.Meskipun diperiksa menggunakan led dan baterai masih keadaan normal namun hal berbeda saat kondisi panas.

Komentar