CARA PEMERIKSAAN STARTER MOTOR PADA KENDARAAN MOBIL

PENGETESAN STARTER MOTOR


MOTOR STARTER - Merupakan komponen sangat penting didalam system kendaraan.Tanpa motor starter kendaraan tidak dapat menyala karena kendaraan dapat hidup dengan bantuan motor starter untuk memutar mesin.

Jika terjadi starter berat atau tidak kuat starter pada kendaraan bisa jadi motor starter sudah lemah,maka dari itu kita dapat memeriksa motor starter sendiri dirumah.Untuk itu berikut ini adalah cara pemeriksaan motor starter secara mudah yang dapat anda lakukan sendiri.

Lepas motor starter dari mesin dan kita periksa kerja dari motor starter itu sendiri.Setelah melepas motor starter kemudian lepas kabel conector M terminal pada magnetic switch seperti terlihat pada gambar diatas.Hubungkan terminal + battery 12 v ke terminal S dan terminal - battery ke terminal M seperti gambar.

Dengan menghubungkan seperti gambar diatas maka pinion akan bergerak keluar karena dorongan dari kemagnetan di magnetic switch itu sendiri.Pengujian ini dilakukan dengan cepat kurang dari 10 detik untuk mencegah terbakarnya coil didalam magnetic switch,

Apabila pinion terdorong keluar berarti menandakan kondisi Pull In Coil baik.Sebaliknya jika pinion tidak keluar maka ganti magnetic switch.

Setelah pinion terdorong keluar lepas negatif battery dengan cepat dan pinion tetap dalam posisinya terdorong keluar atau dengan cara ditahan agar tidak kembali ke dalam.Hal ini dimaksudkan untuk memeriksa celah antara pinion dan stop ring yaitu pinion gap menggunakan feeler gauge.

Jika celah terlalu lebar atau sempit maka akan mempengaruhi kerja dari pinion gear sehingga bisa menyebabkan pinion gear cepat aus bahkan timbul suara abnormal saat awal starter.Untuk menyetel ke celah yang ideal dengan cara mengurangi atau menambah shim atau fiber washer yang menempel di depan magnetic switch.

Motor starter tidak bekerja dapat diakibatkan oleh banyak hal antara lain yang sudah saya jelaskan di artikel ini.Semoga bermanfaat

Komentar