CEK SELALU AIR PENDINGIN MESIN BAHAYA OVER HEAT DATANG

OVER HEAT PENYEBAB MESIN MENJADI MATI SEKETIKA


OVER HEAT - Merupakan kondisi dimana temperatur mesin melebihi batas normalnya.Untuk temperatur mesin selalu dijaga pada kondisi suhu 90 derajat celcius,yaitu temperatur kerja.

Temperatur yang normal membuat mesin akan terjaga lebih baik dan kerja dari sistem injeksi maupun manual juga akan lebih optimal.Maka dengan mejaga suhu temperatur engine selalu tetap atau konstan maka di pasang yang namanya termostat didalam sistem pendingin.

Jika temperatur seperti pada gambar diatas jarum menunjuk posisi maksimal maka segera berhentikan kendaraan dan tunggu sampai kendaraan menjadi dingin kembali.Pasti engine sangat panas sekali dan jangan di siram dengan air.Biarkan saja dan tunggu sampai dingin dengan sendirinya.Ingat jagan sekali-kali dalam posisi ini membuka tutup radiator maka bisa fatal akibatnya karena air panas bisa menyembur keluar dengan kencang dan melukai anggota tubuh kita.

Hal tersebut mengapa bisa terjadi over heat karena kemungkinan ada permasalahan di sistem pedinginnya.Dari air radiator yang habis karena radiator atau selang air ada kebocoran.Bisa jadi kipas electric mengalami mati yaitu motor electric fan tidak bisa berputar karena rusak.

Periksa satu persatu dari mana penyebab engine menjadi over heat.Apakah dari kipas electric yang tidak berputar karena mati.Jumlah air radiator yang habis atau berkurang karena ada kebocoran air radiator.Dari selang yang pecah atau retak karena usia dari karet selang yang sudah tua karena usia.

Perhatikan semua kondisi mesin dari jumlah air radiator,oli mesin dan sistem yang lainnya setiap akan melakukan perjalanan agar terhindar dari kerusakan dijalan.

Komentar