MASALAH KELISTRIKAN LAMPU PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS

TROUBLE LAMPU TANDA BELOK BERKEDIP CEPAT


TROUBLE - Sering kita jumpai dalam dunia mekanik.Untuk kendaraan yang biasa jarang service rutin atau service perawatan berkala maka ketika datang ke bengkel pasti saat kendaraan mengalami trouble.

Pada sharing kali ini saya akan memberikan beberapa informasi trouble shooting yang pernah saya alami.Trouble yang terjadi pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss injeksi 1500 cc.Trouble yang terjadi adalah permasalahan tentang kelistrikan yaitu tentang system penerangan.

Memang sangat penting di kendaraan menggunakan system penerangan.Baik digunakan pada malam hari untuk head lamp dan juga digunakan pada siang hari misalnya untuk lampu tanda belok.Trouble kali ini adalah tentang lampu tanda belok atau sein.

Trouble yang terjadi pada kendaraan ini adalah lampu sein dapat menyala dan berkedip secara normal,akan tetapi kedipan lampu berubah menjadi lebih cepat ketika pedal rem di injak.Jika pedal rem dilepas maka kedipan lampu sein akan kembali normal.

Semua lampu dan kabel-kabel diperiksa tidak ada yang mengalami masalah,tidak mengalami konslet.Lampu bolamp dalam keadaan baik dan sesuai dengan watt nya untuk kapasitas bolamp lampu sein.Untuk posisi kabel atau terminal di battery sudah dibersihkan dan posisi kencang.Kabel ground battery sudah di tambahi dan hasilnya masih sama tidak ada perubahan.

Setelah memeriksa lampu pada bagian belakang terutama pada posisi groundnya terdapat kabel yang menempel dengan chasis terlihat korosi.Dari hasil pemeriksaan ini ground body dilepas kemudian di pindah pada posisi yang lebih baik posisi groundnya.Setelah semua dipasang dan lampu sein dinyalakan dengan pedal rem di injak lampu sein berkedip secara normal.

Trouble sudah teratasi dan kesimpulan dari permasalahan ini adalah untuk masalah kelistrikan sangat perlu sekali membaca wiring diagram agar saat mencari trouble lebih cepat dan langsung dapat dituju kabel mana yang bermasalah sesuai dengan wiring diagram.

Komentar