RING PISTON AUS PENYEBAB ENGINE SUSAH STARTER SAAT PANAS

ENGINE SUSAH STARTER SAAT TEMPERATUR MESIN PANAS


RING PISTON - Merupakan komponen yang sangat penting untuk menhasilkan kompresi didalam silider agar kendaraan bisa hidup.Syarat kendaraan bisa hidup adalah adanya kompresi udara dan bahan bakar.

Kompresi dihasilkan oleh tekanan didalam silinder dengan piston bergerak naik turun dengan celah ditutup oleh ring piston sehingga didapatkan kompresi yang baik.Valve atau klep juga akan mempengaruhi dari kompresi itu sendiri.Jika valve tidak menutup rapat karena aus atau berubah bentuk maka kompresi akan bocor dan mesin akan susah hidup.

Trouble yang pernah saya alami kali ini adalah kendaraan datang ke bengkel dengan posisi mesin mogok.Mesin susah starter saat kondisi dingin.Kami lakukan pemeriksaan terhadap busi pemanas atau glow plug hasilnya baik setelah diperbaiki.

Pada setelah valve dan filter solar juga dilakukan pemeriksaan.Tangki bahan bakar juga dilakukan pembersihan bersama dengan saluran selang bahan bakar.Hasilnya kendaraan masih sangat susah distarter saat kondisi dingin.

Injection pump kita lakukan pembongkaran dan penyetalan kalibrasi sesuai standarnya di bengkel khsusus injection pump.Setelah di pasang engine mudah starter dan kendaraan dilakukan test jalan.Setelah itu muncul trouble baru yaitu ketika panas kendaraan menjadi sangat susah di starter.Akan tetapi setelah engine di diamkan beberapa saat kemudian dinyalakan kembali mesin dapat hidup normal.

Dari hasil pemeriksaan semua dalam kondidi normal.Kemudian dilakukan test kompresi terhadap semua silinder.Muncul angka kompresi yang tidak sesuai standarnya yaitu untuk silinder no 2 dan 3 kompresi sangat rendah dibawah standartnya yaitu 14 kg/cm2.Dan untuk silinder no 1 dan 4 terbaca kurang lebih 23 kg/cm2 masuk dalam standartnya.

Setelah mengetahui kompresi tidak sesuai standarnya maka dilakukan over houle engine.Ternyata untuk piston dan ring piston untuk kendaraan silinder no  2 dan 3 mengalami keausan yang begitu fital.Ring piston menjadi lebih tipis dan rumah dari ring piston juga semakin menjadi lebih besar.Dilakukan penggantian semua piston dan silinder liner set.Seal dan gasket juga ganti setelah semua dipasang kembali hasilnya kendaraan hidup normal.Starter mudah saat posisi panas maupun dingin.

Kurangnya perawatan atau service kendaraan menyebabkan umur kendaraan akan semakin cepat rusak.Tidak hanya ganti oli saja yang rutin namun juga perlu di perhatikan adalah kebersihan dari filter udara .Jika filter udara kotor maka akan semakin banyak debu yang masuk ke ruang bakar sehingga ring piston dan piston akan semakin cepat aus.

Komentar