SUARA MENDENGUNG SAAT JALAN KECEPATAN 50KM/JAM PADA MAVEN

TROUBLE NOISE PADA MAVEN SAAT JALAN


TROUBLE SHOOTING - Kali ini trouble yang akan kita bahas tentang suara abnormal pada kendaraan mitsubishi maven.Kronologi dari trouble ini adalah ketika kendaraan dibuat jalan dengan kecepatan di atas 50 km/jam terdengar suara noise yaitu suara mbengung terdengar di area belakang kendaraan.

Setelah memeriksa dari bearing roda belakang sebalah kanan dan kiri tidak ditemukan masalah pada bearingnya dan masih dalam kondisi bagus.Maka dari itu kami lakukan pemeriksaan terhadap differential.

Differential kami lakukan pembongkaran dan pemeriksaan terhadap backlash dari ring gear.Untuk tipe ring gear pada differential kendaraan maven sangat berbeda dari kendaraan yang lainnya.Untuk menyetel backlash ini digunakan shim sebagai penyetelnya.

Setelah kendaraan dilakukan penyetelan backlash sesuai dengan standarnya maka semua komponen dipasang dan dilakukan test drive.Alhasil kendaraan masih muncul noise mbengung seperti sedia kala.Maka untuk memastikannya lagi differential dibongkar ulang agar memastikan trouble muncul dari komponen apa.

Dibongkar lagi dan dilakukan pemeriksaan tooth contact.Hasil dari pemeriksaan tersebut tidak baik karena posisi singgungan ring gear dengan pinion tidak pada posisi di tengah yaitu di pinggir.Kemungkinan suara noise muncul dari sini,setelah dicermati ring gear dan pinion sudah mengalami keusan sehingga perlu diganti set.

Ring gear dan pinion diganti set dengan yang baru kemudian dipasangkan pada rumahnya.Distel backlash sesuai standarnya dan dilihat tooth contacnya hasilnya singgungan antar gigi ditengah.Komponen dipasang kembali dengan di isi oli yang baru,lalu kendaraan di test jalan dan hasilnya suara noise seperti mbengung tadi sudah hilang dan tidak terdengar lagi.

Komentar