BAU BENSIN MENYENGAT PADA FORD ESCAPE.....INI PENYEBABNYA

PENYEBAB BAU BENSIN MENYENGAT PADA FORD ESCAPE


FORD ESCAPE - Kendaraan dengan engine gasoline injeksi 4 silinder bertransmisi automatic.Dari sini pernah saya menemui suatu trouble yang pemilik kendaraan selalu mengeluhkan ada bau bensin menyengat saat akan turun dari kendaraan.

Ketika kendaraan berjalan tidak ada bau menyengat akan tetapi setelah berhenti dan parkir kemudian pemilik kendaraan keluar dari mobil maka akan tercium aroma bensin.Hal ini dimungkinkan ada kebocoran bensin di saluran bahan bakarnya.

Untuk mengetahui hal ini maka kendaraan diangkat ke atas dengan lift kemudian diperiksa jalur selang bahan bakar apakah ada kebocoran bensin atau tidak.Setelah diangkat terdapat rembesan bahan bakar dibagian tangki.

Sebelumnya kami mengira adalah tangki bahan bakar retak sehingga terjadi kebocoran bahan bakar.Setelah diamati dan diperiksa secara teliti ternyata kebocoran bahan bakar dari tangki bagian atas yang aliran bensinnya ke bawah sehingga tidak terlihat dari mana dipastikan kebocoran bahan bakar.

Maka dari itu diperiksa bagian atas tangki dengan cara membuka jok atau tempat duduk bagian belakang.Maka akan terlihat lubang untuk saluran bahan bakar yang menuju ke pompa bensi dan fuel gauge.Disitu terlihat selang sudah rusak dan rembesan bahan bakar sangat banyak.Untuk memeriksanya maka engine dinyalakan dan memang benar kebocoran tersebut berasal dari selang ini.

Selang ini kemudian dipasangkan kembali ke posisinya dengan baik dan kemudian di klem atau dikasih pengikat agar kuat terhadap rumahnya dan tidak lepas atau tergeser saat pompa bahan bakar menyala dengan tekanan tinggi.Setelah diperbaiki dan kendaraan kemudian dinyalakan,tidak ada tetesan atau rembesan bahan bakar seperti sedia kala.Kemudian kendaraan di test drive dan setelah beberapa perjalanan tidak terjadi bau bensin menyengat.

Selang bahan bakar untuk kendaraan ini berbeda pada kendaraan pada umumnya.Seperti plastick kuat dan jika terlalu lama akan mengeras.Apabila sering melepas membersihkan filter bensin maka lama kelamaan akan menjadi longgar dan membuat selang akan menjadi rembes.

Komentar