MITSUBISHI CANTER TENAGA HILANG DAN ASAP SANGAT TEBAL

PENYEBAB TENAGA HILANG DAN ASAP TEBAL PADA CANTER


CANTER - Mesin diesel dengan turbo intercooler membuat tenaga mesin  ini sangat tangguh disegala medan.Tergantung penggunaanya maka canter ada berbagai macam variasi dan tipe dari super speed,super HD dan sebagainya.

Troube yang terjadi dilapangan adalah seringnya hilang tenaga dan power yang kurang karena muatan dan kondisi medan berat.Pada trouble kali ini adalah dengan kendaraan colt diesel HD 125 ps yang dibuat bak kayu untuk muatan sayur dan buah-buahan.

Dengan mengeluhkan tenaga hilang dan asap sangat tebal sekali.Dari pemilik kendaraan sudah melakukan ganti filter solar sendiri dan menurut dari driver biasanya setelah ganti filter solar maka trouble tenaga kurang sudah kembali normal.Berbeda dengan ini meskipun sudah diganti akan tetapi trouble msaih muncul yaitu tenaga kurang dan asap tebal.

Setelah injektor di periksa tekanan sangat kurang kemudian di adjust sesuai dengan standartnya.Valve di adjust juga dan turbonya pun di buat lebih membuka jalur udaranya agar tarikan semakin enteng.Setelah semua selesai di lakukan test jalan akan tetapi trouble belum sembuh.

Diperiksa kembali saat mesin hidup dan dilakukan test tekanan turbo dengan turbo pressure tester.Saat engine di akselerasi tekanan turbo juga meningkat menandakan bahwa turbo dalam kondisi baik.Saat di akselerasi tadi ada suara aneh dari keadaan mesin yang normalnya yaitu di knalpot ada hambatan dan gas buang tidak bisa keluar dengan cepat.Saat di akselerasi terasa sangat berat untuk tarikanya.

Maka dari itu pada jalur knalpot kami lakukan pemeriksaan dan  hasilnya memang pada valve exhaust brake mengalami perubahan tempat yaitu valve bergeser keposisi sedikit tertutup.Sehingga valve ini menghambat jalur gas buang akibatnya juga tenaga menjadi hilang.untuk mengatasi trouble ini dengan dudukan valve di posisikan semula karena dudukan sudah aus sehingga valve tergeser.

Untuk mengatasi suatu trouble shooting juga diperlukan insting dan indera yang tajam dari perubahan suara dan lain sebagainya dari yang tidak lazim saat kita mendengar atau memeriksa kendaraan yang normal.Dan juga pengalaman sebelumnya yang mungkin pernah dengan kasus yang sama dengan beda penyelesaiannya sehingga trouble akan dapat cepat teratasi.

Komentar