PEDAL REM GETAR SAAT DILAKUKAN PENGEREMAN,INI PENYEBABNYA PADA PAJERO SPORT

PENYEBAB PEDAL REM GETAR SAAT DILAKUKAN PENGEREMAN PADA PAJERO SPORT


DISC BRAKE - Kendaraan era sekarang ini untuk rem bagian depan menggunakan tipe disc brake atau rem cakram.Begitu pula rem bagian belakang kendaraan saat ini juga menggunakan rem cakram agar hasil pengereman lebih sempurna.

Fungsi rem sangat penting untuk kendaraan karena merupakan alat keselamatan bagi pengendara.Untuk memeriksa rem dapat dilihat dengan kondisi minyak rem yang ada di bagian mesin.Jika kampas rem sudah aus atau tipis maka dapat dilihat dengan posisi minya rem yang menurun dari batas maksimal di reservoirnya

Kadang para pemilik kendaraan tidak mengetahui bahwa kampas rem kendaraanya sudah tipis sehingga masih dibuat jalan dan sampai habis.Maka gesekan disc pad atau kampas rem dengan disc brake atau cakram tidak terelakan.Membuat cakran aus tidak rata dan perlu untuk di selep agar mejadi rata kembali.

Dari masalah rem ini juga sering timbul pada pedal remnya getar saat dilakukan pengereman.Hal ini karena pada disc brake terjadi keolengan dan tidak balance.Apabila dilakukan pengeraman maka akan terasa di pedal rem.

Untuk memperbaiki trouble ini dengan cara menselep atau meratakan disc brake ke tukang bubut agar hasil menjadi rata dan pengereman menjadi sempurna.Jika masalah getar mncul maka akan berakibat pengereman tidak sempurna dan juga di kaki terasa tidak nyaman.

Untuk menselep disc brake menggunakan alat kusus agar hasil cakram kanan dan kiri saat di selep menjadi rata sempurna.Kalau ditukang bubut biasa maka pasti hasil tidak akan sempurna dan bisa jadi getar di pedal rem akan semakin banyak.

Jika dari selep disc brake terlalu banyak sehingga membuat cakram menjadi tipis maka saya anjurkan untuk ganti disc brake.Karena jika sudah tipis dan saat panas kemudian kena air bisa menyebabkan disc brake pecah dan oleng semakin banyak bisa menyebabkan kerusakan yang lebih fatal lagi.

Periksa secara berkala kondisi dari kampas rem dan minyak rem karena sistem rem merupakan hal yang sangat penting di kendaraan untuk keselamatan penumpang.

Komentar