PENYEBAB RPM ATAU TACHOMETER PADA MITSUBISHI CANTER MATI

RPM CONTROL PADA MITSUBISHI CANTER BERMASALAH


TACHOMETER - Atau disebut juga dengan RPM pada kendaraan,biasanya untuk kendaraan saat ini sudah dilengkapi dengan alat deteksi kecepatan mesin.Di dashboard ada control rpm yang menggunakan sensor terdapat pada bagian front case di kendaraan mitsubishi colt diesel.

Pada bagian depan engine di front casenya bagian kanan deket dengan alternator maka akan terlihat seperti pada gambar di atas.Sensor masuk ke dalam front case dan keluar berupa kabel yang nantinya akan ke combination meter.

Sensor ini mendeteksi putaran mesin dari gear yang terletak difront case.Dengan adanya putaran mesin yang kita ketahui maka dapat dengan mudah mengontrol kecepatan kendaraan dan perpindahan gigi transmisi dengan benar sehingga pemakaian bahan bakar dapat di optimalkan.

Bagaimana cara pemeriksaan sensor ini jika diketahui rpm atau tachometer pada kendaraan mati.Dapat disebabkan dari berbagai macam kemungkinan.Dari sensor yang rusak,kabel yang putus atau control indikator rpm di combination meter yang bermasalah.

Namun pada kali ini saya akan memberikan pengalaman yang pernah saya temui dilapangan,dengan trouble rpm mati.Pemeriksaan dilakukan dengan cepat membuka sensor dan dipasangkan di kendaraan yang normal.Setelah dipasang dikendaraan normal rpm dapt berjalan sesuai putaran mesin  sehingga didapatkan kesimpulan bahwa sensor tidak bermasalah.

Untuk menyakinkan lagi maka sensor kendaraan normal dipasangkan di kendaraan trouble dan hasilnya rpm mati.Dicari penyebab yang lainnya dari control indikator rpm dilakukan pemeriksaan tidak macet pada jarum controlnya.

Masalah wiring harnes atau kabel dilakukan pemeriksaan dan ternyata pada kabel khusus tachometer berbeda dengan kabel pada umumnya.Setelah di kupas ternyata ada kabel yang putus sehingga kabel di sambungkan kembali dan dipasang pada sensor.Mesin dinyalakan kemudian di akselerasi dan control rpm di combination meter dapat berjalan sesuai dengan kecepatan engine.

Dari kabel tachometer pada kendaraan  mitsubishi canter yang sudah dikupas tadi kalau diamati maka kabel berbeda dari kabel kelistrikan engine pada umumnya.Kalau pernah kita memasang kabel antena tv dirumah maka kabel tachometer sama seperti kabel antene tersebut.Ada kabel utama dibagian tengah dengan dibagian luar ada serabut seperti serat aluminium.

Komentar