SEAL GEARBOX POWER STEERING MITSUBISHI COLT DIESEL CANTER

TIPE SEAL GEARBOX POWER STEERING MITSUBISHI COLT DIESEL


POWER STEERING - Kendaraan colt diesel canter sudah mengadopsi menggunakan power steering untuk tipe tertentu.Sehingga membuat kendaraan lebih ringan saat steering dioperasikan dengan beban penuh dan jalan yang kasar.

Meskipun power steering akan tetapi saat di buat jalan dengan kecepatan tinggi,steering tetap stabil dan driver juga dapat mengendarainya dengan nyaman.Berbagai masalah yang timbul saat ini adalah ketika power steering mengalami kebocoran minyak atau oli.Sehingga perlu dilakukan perbaikan agar power steering tetap dalam kondisi normal.

Jika dibiarkan dengan adanya kebocoran oli power maka steering akan menjadi berat dan dapat merusak komponen gear box atau pompa power steeringnya.Keluhan setelah memakai mitsubishi canter adalah kebocoran oli power steering dari gearboxnya.Terutama dari posisi atas yang dapat dengan joint as steering.Ditemukan banyak rembesan oli karena memang seal mengalami kerusakan dan tidak mampu lagi menahan tekanan oli power steering.

Karena memang usia kendaraan juga penggunakan dan medan berat maka power steering juga bekerja lebih berat terutama saat muatan sehingga seal yang sudah berumur tidak dapat menahan tekanan oli tadi dan terjadi kebocoran.

Gearbox canter sendiri ada dua buah tipe yaitu tipe seperti gambar di atas yang apabila terjadi kebocoran oli bagian atas cukup dengan membuka gearbox bagian atas saja.Terdapat ring besar dan penutup dapat dibuka sepenuhnya sehingga setelah lepas maka seal tadi yang rembes dapat segera diganti.Untuk metode ini gearbox tetap dalam terpasang dikendaraan,karena cukup membuka bagian atas seal dapat kita lepas.Seal sendiri untuk tipe gearbox ini di dealer sudah tersedia dan harganya cukup terjangkau Rp.277.000 genuine spare part.Jika sudah ganti seal genuine dengan as steer masih dalam kondisi baik maka dijamin tidak akan terjadi rembesan kembali.

Tipe yang kedua adalah gear box yang jika seal mengalami rembesan atau kebocoran harus dengan menurunkan gearbox dari kendaraan dan kita harus membongkar total agar seal dapat dilepas seperti pada gambar dibawah ini.


Seal gearbox yang tipe ini jika rembes maka harus bongkar total agar seal bisa terlepas.Sampai blog ini di posting belum tersedia seal yang genuine part di dealer jadi jika terjadi rembesan oli power steering maka kesulitan dalam mencari pengganti sealnya.Maka dari itu perlu di cocokan ukuran dan bentuk dari seal kendaraan jenis lain yang hampir mirip sehingga saat dipasang tidak terjadi kebocoran oli power steering.

Cara memperbaiki seal yang belum ada di dealer jika terjadi kebocoran maka dengan cara yang sederhana,akan kita bahas di artikel selanjutnya.Terus ikuti artikel dari saya dan berikan komentar untuk dapat info terbaru tentang service kendaraan.

Komentar