STEERING GETAR PADA KECEPATAN TERTENTU INI PENYEBABNYA PADA KENDARAAN

PENYEBAB STEERING GETAR PADA KECEPATAN TERTENTU DI KENDARAAN


BALANCING - Pada semua kendaraan pasti setiap keluar dari pabrik dilakukan spooring dan balancing pada roda bagian depannya.Hal ini dimaksudkan agar saat kendaraan keluar dari pabrik dan sudah ada di dealer siap digunakan tanpa ada kendala di steeringnya waktu kendaraan berjalan.

Baik kecepatan tinggi atau rendah kendaraan akan tetap stabil.Jika kendaraan sudah lebih dari 2 tahun lebih maka diperlukan spooring dan balancing.Keluhan pada pelanggan berbeda-beda seperti ban depan aus tidak rata maka diperlukan spooring agar ban aus menjadi rata kembali.

Trouble yang ditemui kali ini adalah kendaraan saat jalan 80 km/jam di steering terasa getar dan menjadi tidak nyaman saat dikendarai.Apabila kecepatan kendaraan di tambah atau dikurangi maka gejala steering getar akan hilang.Biasanya steering getar terjadi pada kecepatan tertentu.

Sebelum memulai untuk memperbaiki masalah trouble steering getar maka diperlukan pemeriksaan terhadap hub bearing kocak atau tidak,tie rod,tekanan angin ban dan kondisi velg dalam keadaan baik atau penyok.Jika penyok atau berubah bentuk maka percuma dilakukan balancing.

Jika semua sudah dalam kondisi baik maka balancing sangat diperlukan agar steering getar dapat sembuh.Hanya dengan roda dibalancing maka saat kecepatan tinggi roda akan menjadi balance dan steering getar akan hilang.Penyebab steering getar adalah karena roda berputar tidak balance sehingga ban terlihat oleng dan membuat getaran yang disalurkan dari rack end ke steering.

Dengan menambah timah balance di sisi velg bagian luar atau dalam sesuai dengan ukuran berapa gram waktu di balancing menggunakan alat khusus.Jika menggunakan alat khusus maka akan terlihat seberapa besar antara bagian dalam dan luar velg yang harus di beri timah.Jika ukuran sangat besar maka velg sudah terlalu oleng,meskipun dibalancing maka hasilnya tidak akan maksimal.Maka untuk itu sebaiknya ganti atau cari velg di roda yang lainnya.Velg yang tidak bisa dibalancing sebaiknya di taruh di roda belakang.

Saat anda melakukan penggantian ban baru khususnya ban roda depan maka sangat diperlukan kembali balancing.Karena dengan kondisi ban baru akan berbeda dengan ban lama jika dilakukan balancing.Biasanya dengan ban lama posisi timah dan balancenya sudah tepat akan tetapi setelah ganti ban baru balancenya akan berubah.Untuk itu diperlukan balancing lagi.

Komentar