TEMPERATUR MESIN PANAS KARENA RADIATOR FAN MOTOR MATI

RADIATOR FAN MOTOR MATI KARENA WIRING RELAY BERMASALAH


RELAY - Disetiap kendaraan pasti menggunakan relay pada system kerja berbagai komponen.Misal di system injeksi maka pasti juga menggunakan engine relay,begitu juga dengan system yang lain menggunakannya.

Kali ini saya akan berbagi trouble dan cara penanganannya pada kendaraan mitsubishi galant.Trouble yang terjadi adalah pada system pendinginnya yaitu temperatur mesin panas sampai di jarum penunjuk di dashboard mencapai setenga lebih.Jika mengetahui hal ini maka ada kesalahan atau keabnormalan di system pendingin.

Temperatur panas bisa disebabkan oleh radiator buntu,air radiator habis karena bocor atau kipas tidak bisa berputar.Apabila tidak bisa berputar maka tidak ada pendinginan dari kipas sehingga radiator panas juga mesin akan menjadi panas pula.

Setelah dilakukan pemeriksaan pada saat mesin panas pada kipas radiatornya tidak dapat berputar.Dalam hal ini kipas radiator akan berputar otomatis jika panas mesin mencapai suhu batas panas mesin.Kipas motor kita lepas dan langsung diperiksa dengan cara pemeriksaan dilangsungkan di test dengan battery hasilnya motor kipas dapat berputar.Sehingga kami menyimpulkan motor kipas dalam keadaan baik.

Switch temperatur sebagai switch otomatis saat mesin panas maka kipas akan berputar dan setelah mesin dingin kipas akan mati dengan sendirinya.Kita juga periksa sensor tersebut dan langsung mengganti dengan sensor yang baru.Kami menganalisa bahwa sensor tersebut rusak sehingga kami ganti.Setelah diganti mesin dinyalakan dan di gas sampai temperatur panas akan tetapi setelah mesin benar-benar panas kipas radiator masih tidak mau berputar.

Untuk jalur wiring harnes juga kami periksa,khususnya jalur untuk kipas radiator.Setelah diperiksa motor kipas radiator menggunakan relay system untuk cara kerjanya.Periksa relay dalam kondisi baik dan mencoba untuk mengganti relay dengan yang baru,akan tetapi trouble masih muncul.

Kabel satu persatu untuk rumah relay kami periksa dari terminal positif battery dan terminal negatif battery.Untuk terminal positif dalam keadaan normal dan terminal jalur kabel dari relay ke motor kipas juga normal.Setelah di periksa motor kipas tidak mau berputar karena relay tidak bekerja sehingga arus yang ke motor kipas tidak ada.

Setelah memeriksa ground relay tidak ada hubungan dengan ground body maka untuk memeriksanya dengan cara relay kita pasang dan ground kita jumper dengan kabel yang langsung dihubungkan me ground body,hasilnya motor kipas dapat berputar.Masalah sudah ditemukan bahwa ground relay tidak menyambung ke ground body.Sehingga kabel kami periksa dan memang benar kabel mengalami open circuit atau kabel putus.Kabel kami sambung dan hasilnya setelah mesin dinyalakan sampai temperatur kerja dan motor dapat berputar,setelah mesin dingin motor kipas mati secara otomatis dan begitu seterusnya ketika mesin panas.

Komentar