TIDAK BISA JALAN PAJERO SPORT PADA AUTOMATIC TRANSMISION

TRANSMISI OTOMATIS NETRAL SENDIRI PAJERO SPORT


INHIBITOR SWITCH - Pada kendaraan automatic transmision untuk merubah posisi dari P R N D dengan menggunakan tuas dan pada automatic transmisinya terdapat yang namanya inhibitor switch.Switch ini menandakan bahwa kendaraan pada posisi netral,parkir,mundur atau dalam keadaan berjalan.

Switch ini terhubung dengan bagian mekanisme valve yang ada pada transmisi otomatis.Jika diposisikan mundur atau R,maka valve akan terbuka khusus untuk jalur oli bagian mundur sehingga akan bekerja clutch dan brake pada transmisi otomatis sesuai dengan posisi R.

Banyak sekarang dari kendaraan pajero sport yang mengalami masalah pada transmisi otomatisnya karena memang usia komponen part.Masalah yang sering terjadi adalah kendaraan tidak bisa starter meskipun tuas transmisi otomatis pada posisi P atau N.Pada posisi tersebut seharusnya kendaraan bisa di starter,untuk posisi yang lain tidak bisa.

Jika posisi P atau N tidak bisa distarter maka coba lihat di layar MID atau layar dashboard ketika posisi tuas P apakah di MID juga muncul P dan juga jika tuas posisi N maka pada MID juga muncul tulisan N.Jika tuas transmisi posisi P atau N dan pada MID tidak muncul maka dipastikan engine tidak bisa distarter.Berbeda dengan jika pada MID muncul P dan N maka pasti engine bisa distarter.

Masalah yang kedua adalah ketika kendaraan berjalan posisi tuas transmisi di D dan saat kendaraan digunakan untuk akselerasi tiba-tiba kendaraan hilang tenaga.Meskipun pedal gas di tekan hanya suara mesin yang terasa keras bunyinya dan kendaraan tidak mau jalan.Namun setelah kendaraan diberhentikan kemudian engine di matikan beberapa saat maka setelah itu dinyalakan akan kembali normal kembali.Kadang juga ada yang masih trouble terjadi.Saat trouble terjadi biasanya pada MID tulisan D akan hilang.Dan saat hilang tersebut kendaraan tidak bisa di akselerasi.

Jika menemui permasalah seperti ini maka gerakan tuas transmisi kedepan dan kebelakang berulang kali sampai saat posisi tuas D dan tulisan di MID muncul D maka kendaraan sudah normal kembali.Jika saat berjalan trouble muncul kembali maka permasalah terjadi pada inhibitor switchnya.

Dengan mengganti inhibitor switch maka trouble tersebut akan sembuh karena pengalaman ini sudah saya lakukan berulang kali dan berhasil trouble hilang kendaraan menjadi normal kembali.Untuk harga inhibitor switch sendiri berkisar antara dibawah 2 jutaan.

Komentar