TIPS AGAR BATTERY KENDARAAN ANDA TIDAK CEPAT TEKOR

BATTERY CEPAT TEKOR INI DIA TIPSNYA AGAR LEBIH AWET


BATTERY atau ACCU - Kendaraan pasti menggunakan yang namanya battery,akan tetapi bagaimana cara merawat battery agar lebih tahan lama kemungkinan banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahuinya.

Saat ini banyak kendaraan automatic transmision yang membutuhkan battery dengan ampere yang lebih besar karena daya yang dibutuhkan untuk kendaraan memang besar.Jadi pengetahuan cara memeriksa dan merawat accu sangat diperlukan agar accu awet dan tahan untuk umur yang cukup lama sekitar 2 tahun.

Harga accu sendiri dari tahun ke tahun semakin naik karena menjadi barang kebutuhan untuk kendaraaan.Jika sudah tekor dan tidak bisa menyimpan tegangan maka accu harus segera diganti agar kendaraan tidak mogok dijalan.

Yang harus dilakukan adalah memeriksa jumlah air accu setiap saat.Misalkan jika kendaraan sering dipakai untuk operasional tinggi maka jumlah air accu akan semakin cepat berkurang.Seminggu di periksa 2 kali agar jumlah air aki tidak sampai kering.Apabila terjadi hal ini maka bisa menyebabkan cell di dalam accu akan semakin cepat rusak dan umur menjadi lebih pendek.

Cara kedua adalah dengan selalu memanaskan kendaraan setiap hari meskipun kendaraan jarang di pakai.Banyak dari pemilik kendaraan hanya diam dan tidak menghidupkan kendaraanya meskipun jarang dipakai.Hal ini dapat menyebabkan accu tekor dan cepat rusak.

Dengan mesin dinyalakan beberapa menit maka ada pengisian dari alternator atau dinamo amper ke accu sehingga tidak akan kekurangn tegangan.Hal ini tidak akan maksimal karena tegangan yang masuk ke accu kurang karena putaran mesin pada posisi stasioner.Karena mesin berputar stasioner maka hanya tegangan rendah yang masuk ke dalam accu dan kurang maksimal.

Engine di gas juga cara terbaik untuk meningkatkan tegangan dari alternator yang masuk ke accu.Sehingga accu dapat terisi dengan penuh karena putaran mesin lebih tinggi.Cara yang paling baik lagi adalah dengan membawa keluar kendaraan dengan cara berjalan di luar.Maka dengan kita menginjak pedal gas maka putaran mesin akan naik dan juga tegangan yang keluar dari dinamo amper atau alternator juga akan meningkat sehingga pengisian tegangan ke accu lebih maksimal.

Untuk kendaraan lama atau sudah berumur jika dalam waktu agak lama tidak dipakai tips dengan cara melepas kabel minus di accu atau battery juga dapat dilakukan agar accu tidak ngedrop saat di gunakan.Lakukan hal tersebut diatas agar accu atau battery kendaraan anda tetap dalam kondisi prima.

Komentar