BUNYI MENDENGUNG PADA PAJERO SPORT SAAT MUNDUR

BUNYI ABNORMAL SAAT MUNDUR PADA PAJERO SPORT


KAMPAS REM - Merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem keamanan di kendaraan karena dapat berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan.Jika kampas rem sudah aus maka bisa menyebabkan pedal rem terasa dalam sehingga segera untuk dilakukan pemeriksaan terhadap sistem remnya.

Berbicara tentang rem pada kendaraan saya pernah mengalami suatu trouble pada pajero sport.Waktu kendaraan datang ke bengkel pemilik kendaraan mengeluhkan bahwa ada suara abnormal yaitu suara mendengung saat kendaraan posisi mundur.Dalam hal ini merupakan kendaraan pajero sport automatic transmision.

Gejala awal adalah saat di garasi pemilik kendaraan dan akan keluar dalam posisi mundur terdengar suara abnormal.Jadi karena kendaraan matic maka saat pemindahan posisi dari P ke R dibutuhkan untuk menginjak pedal rem.Saat pedal rem di lepas sedikit bunyi mendengung abnormal terdengar pelan,kadang juga tidak sama sekali terdengar.

Untuk itu saya lakukan test jalan mundur berulang kali sampai didapatkan suara muncul sesuai yang di maksud oleh pemilik kendaraan.Waktu terdengar abnormal apa yang saya dengar adalah apa yang dimaksud dikeluhkan oleh customer.

Karena bunyi timbul saat posisi mundur dengan pedal rem dilepas maka pemeriksaan rem bagian belakang langsung dilakukan.Pembongkaran dilakukan dan terlihat kampas rem bagian belakang sudah tipis sehingga saya menyarankan untuk ganti agar suara abnormal tersebut dapat hilang sesuai normalnya.

Tipe rem belakang pajero sport ini adalah tipe cakram dan merupakan pajero sport dakar.Untuk memeriksa rem belakng sekalian juga dengan rem parkirnya.Dibersihkan dan diberikan sedikit grease agar pergerakan kampas rem parkirnya dapat lancar.Begitu juga dengan kampas rem utama bagian belakang bagian pin diberikan grease juga.

Setelah semua dipasang dan saya lakukan test drive suara abnormal tidak muncul kembali.Trouble ini ternyata disebabkan oleh kampas rem yang sudah tipis sehingga gesekan tidak rata dan saat pedal rem dilepas sedikit masih ada kampas rem yang menempel di disc nya sehingga suara abnormal muncul.Memang untuk trouble suara dibutuhkan indera yang tajam agar trouble dapat segera teratasi.Semoga bermanfaat pengalaman saya ini dan dapat menjadi acuan jika terjadi trouble yang sama.

Komentar