CARA MEMBERSIHKAN KERAK CARBON DI DALAM RUANG BAKAR

KERAK CARBON DI DALAM RUANG BAKAR  PENYEBAB HILANG TENAGA ENGINE


CARBON CLEANER - Merupakan cairan khusus yang berfungsi untuk membersihkan kerak di dalam ruang bakar sehingga ruang bakar akan bersih kembali seperti mobil baru.

Banyak kendaraan bermesin bensin jika melakukan service mesin atau yang sering kita sebut sebagai engine tune up adalah perawatan rutin yang sebenarnya harus dilakukan secara berkala.Dengan membersihka filter-filter,setel klep atau valve,pemeriksaan pengapian dan sistem injeksi juga masih banyak lagi.

Terkadang pemilik kendaraan juga tidak mengetahui bahwa jika dilakukan engine tune up sebenarnya engine sudah bagus.Dengan pemeriksaan menyeluruh ke setipa komponen dan sistem di adjust di bersihkan dan di ganti apabila sudah rusak karena umur pemakaian.

Sisi lain yang banyak tidak diketahui adalah pembersihan pada ruang bakar.Hal ini tidak dapat dilakukan karena jika harus membersihkan ruang bakar harus overhoule cylinder head.Hanya jika terjadi oli nambah atau engine pada asap di kanlpot sudah keluar asap putih maka perlu di lakukan cylinder head over houle.Mengganti seal klep dan sekalian membersihkan ruang bakarnya.

Dengan cairan khusus carbon cleaner maka tidak perlu dilakukan pembongkaran saat kita akan membersihkannya.Cukup dengan menuangkan cairan tersebut ke dalam ruang bakar melalui lubang dari busi.Isikan sesuai kapasitasnya dan jangan terlalu banyak yang menyebabkan tumpah.

Setelah cairan carbon cleaner dimasukan maka tunggu beberapa menit kurang lebihnya 15 menit agar cairan di dalam ruang bakar bekerja merontokan carbon hasil pembakaran.Setelah beberapa saat maka cairan yang sebelumnya berwarna jernih akan berubah menjadi hitam pekat dari rontokan carbon tadi.

Bagaimana cara mengambil cairan dari ruang bakar tersebut maka di perlukan alat khusus yang nanti bisa menghisap cairan di dalam ruang bakar sampai kering.Alat seperti apa nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Komentar