CARA MENGGUNAKAN CARBON CLEANER PEMBERSIH RUANG BAKAR

APLIKASI CARBON CLEANER DENGAN ALAT KHUSUS


ENGINE - Mesin gasoline berbahan bakar bensin kalau sudah berumur lebih dari 5 tahu pasti ruang bakar sangat kotor dan hitam pekat.Carbon sisa pembakaran tidak dapat keluar semua dari knlapot dan sebagian mengendap di ruang bakar.

Pada artikel sebelumnya bahwa untuk membersihkan ruang bakar menggunakan cairan khusus yaitu carbon cleaner.Bagaimana cara pengunaanya mari kita simak.Pertama panaskan mesin sekitar 5 menit kemudian lepaskan busi dari lubang busi.

Tuangkan cairan carbon cleaner pada gelas plastik kosong kemudian rendam busi  kedalam cairan tadi dan tunggu kurang lebih 10 menit.Dari cairan yang bening akan berubah menjadi hitam karena kotoran dari busi tersebut.

Sebagian cairan dimasukan ke ruang bakar  melalui lubang busi satu persatu per silinder.Diamkan cairan mengendap kurang lebih 15 menit sehingga cairan dapat bekerja maksimal membersihkan endapan karbon di dalam ruang bakar.Ambil dan keringkan busi yang telah direndam cairan carbon cleaner kemudian keringkan dengan air spray gun sampai kering sempurna.

Vacum atau sedot kembali cairan yang ada di dalam ruang bakar tadi menggunakan alat khusus seperti gambar diatas hingga benar benar bersih.Akan terlihat cairan hitam sebagai bukti bahwa endapan carbon di ruang bakar rontok.Ulangi beberapa kali sampai semua cairan tersedot semua.Jika tidak bersih maka engine akan sulit untuk starter.

Kemudian start mesin sehingga sisa cairan diruang bakar dapat keluar sampai beberapa kali agar benar-benar tidak ada cairan di ruang bakar.Lalu pasang kembali busi di setiap silinder lalu start engine dan injak pedal gas sampai stasioner engine stabil.Dari hasil pembersihan ruang bakar maka tenaga engine akan kembali seperti baru lagi karena ruang bakar sudah bersih.

Apabila setelah selesai engine tidak dapat hidup maka kemungkinan masih ada sisa karbon di dalam ruang bakar sehingga kita harus mengulanginya lagi untuk menyedot dengan alat khusus sampai bersih.

Komentar