CARA PEMERIKSAAN DINAMO AMPER ATAU ALTERNATOR JIKA ACCU TEKOR

ALTERNATOR BERMASALAH PENYEBAB ACCU TEKOR


ALTERNATOR - Permasalahan sering terjadi pada saat kendaraan sedang di pakai yaitu engine mogok karena kekurangan tegangan.Battery atau accu tegangannya hilang karena tidak ada pengisian tegangan dari dinamo amper atau alternator.

Alternator sangat penting fungsinya karena merupakan komponen utama penyuplai tegangan ke battery agar sistem kelistrikan engine tetap dapat bekerja dengan baik.Apabila daya dan tegangan accu menurun maka akan berpengaruh terhadap kinerja engine dan dapat menyebabkan engine mogok.

Untuk itu cara pemeriksaan apakah dinamo amper masih dalam kondisi baik atau tidak dapat dilakukan dengan cara yang sederhana.Dengan menggunakan alat yang disebut volt meter maka kita dapat sendiri memeriksa tegangan yang keluar dari alternator atau dinamo amper.

Volt meter untuk kabel warna merah di tempelkan dengan terminal positif di alternator yang dapat kabel besar sebagai tegangan yang keluar dari alternator itu sendiri.Kemudian kabel warna hitam di hubungkan me ground.Starter engine dan naikan kecepatan mesin kurang lebih 2500 rpm.Dengan melihat angka pada volt meter akan terbaca sekitar 14,29 volt.Hal ini menandakan bahwa tegangan output dari alternator dalam keadaan normal karena tegangan yang keluar lebih dari tegangan battery di kendaraan.

Jika hasil pengukuran dibawah 12 volt maka ada kemungkinan alternator mengalami masalah.Bisa jadi kolboster atau arang dalam keadaan aus dan sudah tipis sehingga pengisian tidak maksimal.Bisa juga karena IC alternator mengalami kerusakan.Kita dapat mengetahuinya setelah dinamo amper kendaraan dibongkar.

Setelah mengetahui dan membaca artikel ini meskipun kendaraan tidak mengalami masalah sebaiknya periksakan sistem pengisian dari alternator apakah normal atau tidak.Dan jika tidak segera periksakan alternator atau dinamo amper ke tukan dinamo atau bengkel specialist dinamo kendaraan.

Permasalahan yang dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan komponen lain,misal alternator tidak mengisi maka accu akan tekor dan apabila di biarkan lama-kelamaan accu juga dapat rusak.

Komentar