LANGKAH MUDAH MEMPERBAIKI SEAL POWER STEERING CANTER
CANTER - Sampai saat ini colt diesel canter mengalami banyak keluhan tentang seal power steering bocor.Hari ini artikel ini saya buat belum ada seal spare part genuine yang dikeluarkan oleh ATPM untuk tipe gear box power steering yang jika rembes ataupun bocor saat meggantinya harus membuka total gear boxnya.
Maka dari itu saya akan memberikan tips sederhana bagaimana cara memperbaiki seal tipe tersebut yang belum ada spare part genuinenya.Seal ini sangat mudah didapatkan dipasaran dengan membeli ke toko spare part dan memadukan seal yang sejenis dari diameter luar dan diameter dalam sama.Memang berbeda kualitas karena seal power steering dibuat untuk menahan tekanan tinggi minyak power steering terutama saat kendaraan di belokan.
Jika sudah menemukan seal yang cocok ukuran dan jenisnya maka kita selanjutnay menyiapkan o-ring yang akan kita pasang didalam seal tersebut.Hal ini dimaksudkan agar seal lebih luat tekanan ke rumah as steering pada gearbox.Oring tersebut jangan sampai terlalu besar yang penting bisa masuk ke dalam seal.Karena biasanya didalam seal juga terdapat spring untuk menahan bibir seal agar lebih kuat sehingga tidak rembes atau bocor.
Selanjutnya adalah dengan spring yang terdapat pada seal tersebut kita potong sedikit agar bibir seal lebih kuat daya cengkramanya terhadapt as steer.Untuk yang belum pernah mengetahuinya maka saat seal anda pegang dan bibirnya kita buka sedikit didalamnya ada spring.Spring tersebut kita lepas dan dipotong sedikit kemudian kita pasang kembali.Hal yang harus diingat adalah saat memotong spring tersebut jangan sampai terbalik.Karena spring tersebut dapat kita lepas dari yang semula bulat dan kita lepas sambunganya maka akan menjadi panjang dan lurus.Sambungan spring tersebut berupa hampir mirip dengan mur dan baut.Ingat jangan sampai salah potong karena jika salah spring tidak bisa di pakai lagi.
Terakhir setelah semua cara di atas dilakukan yaitu dengan cara menambahkan sealent kaca baik warna putih,bening atau hitam.Banyak dijual di toko bangunan jika sulit mencarinya,karena dengan memberikan sealent ke dalam bagian dalam seal yang sudah di isi dengan o-ring tadi maka hasilnya akan lebih bagus lagi.Sealant dengan baik dan rapi kemudian diamkan sampai sealant mengering dan pasang pada gearboxnya.Cara seperti ini memang tidak sempurna akan tetapi bisa jadi solusi ketika seal genuine yang dibutuhkan tidak ada sehingga kendaraan tetap dapat beroperasi dengan power steering dalam keadaan normal.
Apabila seal lepasan dari kendaraan masih dalam keadaan bagus tidak cacat atau sobek maka dengan cara di atas seal tersebut masih bisa digunakan.Kemungkinan seal asli bawaan dari pabrik akan tetap awet dengan melakukan seperti cara di atas.
CANTER - Sampai saat ini colt diesel canter mengalami banyak keluhan tentang seal power steering bocor.Hari ini artikel ini saya buat belum ada seal spare part genuine yang dikeluarkan oleh ATPM untuk tipe gear box power steering yang jika rembes ataupun bocor saat meggantinya harus membuka total gear boxnya.
Maka dari itu saya akan memberikan tips sederhana bagaimana cara memperbaiki seal tipe tersebut yang belum ada spare part genuinenya.Seal ini sangat mudah didapatkan dipasaran dengan membeli ke toko spare part dan memadukan seal yang sejenis dari diameter luar dan diameter dalam sama.Memang berbeda kualitas karena seal power steering dibuat untuk menahan tekanan tinggi minyak power steering terutama saat kendaraan di belokan.
Jika sudah menemukan seal yang cocok ukuran dan jenisnya maka kita selanjutnay menyiapkan o-ring yang akan kita pasang didalam seal tersebut.Hal ini dimaksudkan agar seal lebih luat tekanan ke rumah as steering pada gearbox.Oring tersebut jangan sampai terlalu besar yang penting bisa masuk ke dalam seal.Karena biasanya didalam seal juga terdapat spring untuk menahan bibir seal agar lebih kuat sehingga tidak rembes atau bocor.
Selanjutnya adalah dengan spring yang terdapat pada seal tersebut kita potong sedikit agar bibir seal lebih kuat daya cengkramanya terhadapt as steer.Untuk yang belum pernah mengetahuinya maka saat seal anda pegang dan bibirnya kita buka sedikit didalamnya ada spring.Spring tersebut kita lepas dan dipotong sedikit kemudian kita pasang kembali.Hal yang harus diingat adalah saat memotong spring tersebut jangan sampai terbalik.Karena spring tersebut dapat kita lepas dari yang semula bulat dan kita lepas sambunganya maka akan menjadi panjang dan lurus.Sambungan spring tersebut berupa hampir mirip dengan mur dan baut.Ingat jangan sampai salah potong karena jika salah spring tidak bisa di pakai lagi.
Terakhir setelah semua cara di atas dilakukan yaitu dengan cara menambahkan sealent kaca baik warna putih,bening atau hitam.Banyak dijual di toko bangunan jika sulit mencarinya,karena dengan memberikan sealent ke dalam bagian dalam seal yang sudah di isi dengan o-ring tadi maka hasilnya akan lebih bagus lagi.Sealant dengan baik dan rapi kemudian diamkan sampai sealant mengering dan pasang pada gearboxnya.Cara seperti ini memang tidak sempurna akan tetapi bisa jadi solusi ketika seal genuine yang dibutuhkan tidak ada sehingga kendaraan tetap dapat beroperasi dengan power steering dalam keadaan normal.
Apabila seal lepasan dari kendaraan masih dalam keadaan bagus tidak cacat atau sobek maka dengan cara di atas seal tersebut masih bisa digunakan.Kemungkinan seal asli bawaan dari pabrik akan tetap awet dengan melakukan seperti cara di atas.
Komentar
Posting Komentar