PENYEBAB MESIN KNOCKING PADA KENDARAAN BENSIN

RUANG BAKAR KOTOR PENYEBAB KNOCKING


Pernah kita saat mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan saat temperatur panas terdengar bunyi seperti pukulan besi antar besi yaitu nglitik.Inilah yang sebenarnya terjadi pada kendaraan bensin terutamanya yaitu knocking.

Suara ini timbul karena di dalam ruang bakar di kendaraan sangat kotor sekali.Terdapat banyak kerak dan endapan karbon yang mana jika temperatur mesin panas maka akan membara sehingga menyebabkan timing pengapian dan pembakaran mesin lebih maju atau dipercepat.

Jika terjadi seperti ini maka hal yang harus dilakukan adalah over houle cylinder head untuk menghilangkan kerak dan endapan karbon di ruang bakar.Apabila sudah dilakukan pembersihan maka tenaga engine akan kembali seperti semula sehingga kendaraan akan kembali fit.

Agar endapan karbon di ruang bakar tidak menumpuk dan sangat kotor sekali maka di perlukan pemeriksaan dan pembersihan pada saringan udara sehingga udara yang masuk benar-benar bersih sehingga tidak tercampur dengan kotoran dan debu yang bisa membuat kerak di ruang bakar.

Cara mudah sekarang ini adalah dengan membersihkan ruang bakar tanpa harus membongkar cylinder head.Cukup menggunakan cairan kusus yang digunakan untuk membersihkan ruang bakar.Digunakan alat khusus sehingga cairan tersebut dapat di ambil kembali dari ruang bakar.Sehingga ruang bakar akan kembali bersih.

Untuk bagaimana cara pemeriksaan dan perbaikan juga pembersihan ruang bakar tanpa harus membongkar akan saya infokan di artikel selanjutnya.Cukup dengan biaya murah kita sudah dapat membersihkan ruang bakar tanpa harus membongkar.

Komentar