PENYEBAB SUARA MENDENGUNG SAAT JALAN PADA MITSUBISHI CANTER

SUARA ABNORMAL SAAT KECEPATAN 50 KM/JAM PADA CANTER


BEARING - Pada kendaraan pasti dilengkapi bearing di bagian rodanya,karena berfungsi untuk menahan beban selain roda itu sendiri.

Kerja dari bearing sangat berat sekali terutama pada kendaraan niaga karena digunakan untuk transportasi dengan mobilitas penggunaan kendaraan yang sering dan hampir setiap hari beroperasi.Berbeda dengan kendaraan pribadi yang hanya dipakai tidak sesering pada kendaraan niaga.

Maka dari itu tipe dan bentuk termasuk konstruksi dari bearing roda berbeda untuk kendaraan niaga dan pribadi.Pada kali ini yang akan saya bahas adalah bearing roda pada kendaraan niaga yaitu mitsubishi colt diesel canter.

Kali ini saya akan membahas tentang trouble yang terjadi pada kendaraan colt diesel canter yang pemilik kendaraan mengeluhkan ada suara abnormal seperti mendengung saat kendaraan berjalan dengan kecepatan di atas 50 km/jam.Saat kendaraan sudah datang ke bengkel maka saya lakukan test drive untuk memastika penyebab suara abnormal tersebut.Suara abnormal pada kendaraan saat jalan bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Saat di test drive muncul suara abnormal tersebut dan dengan analisa saya suara muncul kemungkinan dari bearing roda.Suara itu muncul saat kendaraan berjalan kecepatan di atas 50 km/jam dan saat di akselerasi suara itu tambah keras.Untuk memastikan suara abnormal dari bearing roda atau dari differential maka dengan cara pedal kopling kita injak dan pedal gas kita lepas.Apabila dengan kondisi tersebut suara abnormal masih bunyi maka kemungkinan dari bearing roda.Berbeda dengan kondisi seperti itu suara abnormal tidak muncul dan kembali muncul saat diakselerasi maka kemungkinan suara tersebut dari differentialnya.

Setelah sampai bengkel roda depan untuk sementara di periksa dengan cara di dongkrak,roda kemudian di putar dan suara gruk muncul saat roda tadi berputar.Hal ini terjadi pada roda depan sebelah kanan yang suaranya sangat kencang sekali.Roda sebelah kiri juga berbunyi abnormal akan tetapi sedikit pelan.

Di over houle roda depan dan diperiksa bearing roda.Memang setelah dibersihkan dari grease terlihat bearing sudah aus.Bearing roda ada dua buah di setiap rodanya yaitu pada bagian dalam dan luar untuk menumpu ban agar terpasang baik di as rodanya.Begitu juga dengans ebelah kiri bearing pada bagian dalam sudah aus,untuk bagian luar masih dalam kondisi baik.

Penggantian bearing dilakukan pada roda depan yang mengalami keausan tadi.Dikasih grease secukupnya agar pelumasan terjadi dengan baik.Apabila grease tidak cukup maka bisa mengakibatkan bearing dan roda menjadi panas dan fungsi dari pengereman tidak maksimal.

Bearing di pasang dengan cara tertentu yaitu saat dipasang dan dikasih mur pengunci maka dengan cara dikencangkan penuh terlebih dahulu kemudian di kendorkan lagi baru kemudian di kencangkan sesuai dengan torquenya.Mengapa demikian harus dikencangkan kemudian dikendorkan lagi baru dikencangkan lagi karena untuk memposisikan bearing untuk pas dudukannya terhadap rumahnya.

Semua sudah terpasang dengan baik maka dilakukan test drive lagi.Saat kendaraan berjalan di atas kecepatan 50 km/jam suara abnormal tadi sudah hilang.Dari analisa ini penyebab suara abnormal adalah dari bearing yang sudah aus tadi sehingga saat beraing berputar menyebabkan suara yang tidak sewajarnya.

Selalu periksa kondisi bearing dan roda kendaraan anda dengan cara roda di angkat ke atas kemudian  roda digerakan kebagian dalam dan kebagian luar apakah ada play atau kekocakan roda.Jika ada segera periksakan ke bengkel terdekat agar kendaraan saat berjala nyaman di kendarai.

Komentar